Sasha Pasta Gigi Alami dan Halal Review

June 1, 2019



Apa sih yang teman-teman bayangin begitu denger kata "bersiwak"?. Kalau aku, begitu denger kata siwak, yang aku bayangkan adalah semacam tumbuh-tumbuhan yang ranting atau kayunya digunakan untuk membersihkan gigi. Siwak ini digunakan di jaman Rasulullah SAW untuk membersihkan gigi dan terkait hal ini ada hadist sahihnya riwayat Bukhari.
عَنْ حُذَيْفَةَ بْنِ الْيَمَانِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ يَشُوْسُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ
Dari Hudzaifah Ibnu Yaman Radhiyallhu'anhu, dia berkata: Adalah Rasulullah jika bangun dari malam, ia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak (HR. Bukhari)  

Kalau yang aku baca di laman almanhaj, dalam hadist di atas Rasulullah SAW tidak mengkhususkan bersiwak pada waktu-waktu tertentu. Oleh karena itu siwak boleh dilakukan setiap waktu sehingga tidak disyaratkan hanya bersiwak ketika mulut dalam keadaan kotor.

Tapi apa sih sebenarnya Siwak itu? setelah digoogling, siwak itu bukan ranting atau kayu, melainkan dahan atau akar pohon Salvadora Persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Dan ternyata siwak ini manfaatnya buanyak banget dan sudah diteliti oleh dokter gigi sekaligus dosen UMY, yaitu Erlina Sih Mahanani.

Manfaat siwak dari hasil penelitian beliau,

  1. Anti bakteri
  2. Pencerah gigi
  3. Membantu stimulasi air liur
  4. Alami tanpa bahan kimia
  5. Antiseptik
Nah, dari manfaat siwak tersebut kepikiran mau cobain siwak. Tapi aku mikir, pasti siwak ini adanya cuma di tanah arab aja dan digunakan ketika melakukan ibadah haji saja. Kita semua tau lah kalau saat melakukan ibadah haji dan dalam keadaan berihram, para jamaah haji tidak diperkenankan memakai wewangian, termasuk pasta gigi yang biasanya pasti beraroma. Ya kan? makanya amannya pakai siwak. Eh tak sangka alhamdulillah aku dikirimi paket cantik dari Sasha yang isinya pasta gigi siwak dan ini adalah produk halal

Ini baru pertama kalinya loh aku tahu ternyata siwak bisa disulap menjadi pasta gigi. Dan ternyata memang Sasha ini lah pasta gigi pertama di Indonesia yang berasal dari siwak asli dan ekstrak daun sirih untuk membunuh bakteri yang sering menyebabkan bau mulut, plak pada gigi dan membuat nafas segar tahan lebih lama. Dan pasta gigi ini diklaim tidak mengandung alkohol dan bahan lainnya yang berasal dari hewan. Jadi gak sabar cobain ya khaan.



Ada apa aja sih di dalam box hitam tersebut? Di dalam box hitam berhias motif berwarna gold bertuliskan Sasha ini, aku mendapatkan satu buah scarf berwarna biru dengan motif bunga-bunga dari brand ZA, serta dua buah pasta gigi Sasha siwak. Satu berwarna putih, yaitu pasta gigi siwak whitening dan pasta gigi siwak herbal berwarna emas/ gold. Kita bahas satu-satu yah...


  • Sasha Toothpaste Whitening



ingredients atau bahan-bahan yang terkandung dalam Sasha Pasta Gigi Halal - Whitening

Ketika aku buka tube dan menekan bagian ujung pasta gigi ini, sesuai dengan namanya "Sasha Toothpaste Whitening" pasta yang keluar adalah berwarna putih dan bertekstur halus. Gak tercium aroma yang menyengat ketika pertama kali membuka tube nya. Dari dekat, aromanya segar seperti ada kandungan mentholnya tapi gak pedas dan menurutku khas pasta gigi whitening.

Saat dicoba, busanya gak terlalu banyak seperti pasta gigi pada umumnya dan memberikan efek segar di dalam mulut. Meskipun selama hidupku belum nemu pasta gigi yang benar benar membuat gigi tampak putih (whitening) dalam mulut, so far buatku Sasha ini menjadi produk whitening unggulan karena ada kandungan siwak di dalamnya. Walaupun kalau dilihat dari ingredientsnya, kandungan siwak ini ditulis di dua ingredients terakhir, yang artinya ga terlalu banyak terkandung, tapi setidaknya ada kandungan siwaknya. Kenapa demikian? ya tau sendiri lah ya manfaat siwak itu bagaimana dan siwak ini disunnahkan oleh Rasulullah SAW.




  • Sasha Toothpaste Herbal



warna pasta gigi broken white dengan bulir bulir berwarna coklat di dalamnya


Dengan kandungan siwak asli dan ekstrak daun sirih, untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut, nafas segar tahan lama.
first impression pertama kali melihat pasta gigi Sasha yang herbal ini, aku langsung terbesit kalau tipe ini yang jadi unggulannya. Waktu aku lihat ingredientsnya ternyata memang kandungan herbalnya lebih banyak dari pada  Sasha toothpaste whitening.

Pasta giginya bertekstur bulir bulir coklat, berwarna putih kecoklatan, aromanya herbal tapi gak mengganggu (karena sejujurnya aku suka aroma herbal hehe), kalau kata suamiku wanginya ada aroma sirih, busanya gak terlalu banyak dan setelah sikat gigi rasanya segar dan nyaman. So far aku lebih suka yang herbal ini, dari pada yang whitening. Tapi dua-duanya oke karena dua-duanya produk halal. Halal gak cuma bahan-bahannya aja, tapi dari pengolahannya,  fasilitas, produk, manajemennya (PT Kino Indonesia Tbk) sampai ke aspek tenaga kerjanya. 

Hijrah bareng Sasha



Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh rahmat dari Allah SWT. Umat Muslim berlomba-lomba beribadah, mendapatkan ridho dan pahala dari Allah SWT. Nah, yuk sempurnakan ibadah-ibadah kita di bulan yang suci ini dengan menggunakan produk halal yang insyaAllah membawa kita menjadi umat muslim yang lebih baik lagi, misalnya dengan menggunakan bahan-bahan yang tertulis di Al Quran dan disunnahkan oleh Rasulullah SAW. Misalnya, memakan buah kurma, anggur, delima, dan contoh lain adalah bersiwak. Yuk bareng-bareng hijrah/ menjadi umat Muslim yang lebih baik lagi.. saling mengingatkan yaaa...

Salam, Puput


UPDATE!

Setelah kurang lebih 2 minggu aku menggunakan Sasha Pasta Gigi Herbal, perubahan yang nyata adalah gigiku jadi jarang berdarah lagi setiap habis menggosok gigi. Setelah sebelumnya setiap sikat gigi selalu ada darah dalam busa sisa menggosok gigi. Alhamdulillahh so far produk halal ini cocok di gigi ku. 


Mau tau lebih lengkap tentang Sasha Pasta Gigi Halal?
IG : @sashaindonesia
Facebook : Sasha Pancaran Aura Islami
























No comments

Post a Comment

Thank you for your visit and comment!

Copyright © PUPUT UTAMI. Blog Design by SkyandStars.co