FAQ


Frequently Asked Questions



Mengapa pupututami.com?

www.pupututami.com diambil dari namaku Puput Utami atau panggil saja Puput. Untuk semua akun social media juga ya! kecuali snapchat pupututami27 :)

Apa sih kesibukan Puput saat ini?

Saat ini alhamdulillah sibuk bersama suami, keluarga dan saat ini kami sedang menghitung bulan kelahiran anak pertama kami :) Selain itu, sibuk bekerja di salah satu perusahaan media online di Jakarta sebagai spesialis social media dan mengisi waktu dengan blogging.


Mengapa memilih blog?

Bermula dari kesenangan dalam hal menulis, yang tadinya berawal dari buku diary, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi muncullah blog yang basisnya ada di internet dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh media blog itu sendiri. Semenjak ada blog, gak perlu lagi deh bawa buku diary kesana kesini dan ga akan kelupaan lagi meletakkan buku diary.

Sejak kapan ngeblog dan berhijab?

Ngeblog dari November 2009 dan berhijab alhamdulillah sejak Oktober 2009

Ceritain dong awal mula kenapa kamu ngeblog?

Awal ngeblog gak lama setelah memutuskan untuk berhijab di menjelang akhir tahun 2009. Saat itu perkembangan fesyen hijab di Indonesia belum seramai saat ini. Ya..standarnya orang berhijab lah.; jilbab - kemeja panjang - rok/jeans dan citra dari jilbab sendiri saat itu yang kuno, gak modis, agamis, pokoknya yang kaku-kaku lah. Kebetulan aku juga suka browsing dan blogwalking ke fesyen blogger non hijab yang kreatifitasnya dalam me mix and match pakaian yang luar biasa.

Dari situlah aku berfikir, bagaimana caranya agar perempuan berhijab tetap bisa berpenampilan luwes, cantik, sederhana, tidak kaku tapi masih dalam batas kesopanan norma agama Islam dan norma bangsa Indonesia. Awalnya iseng, memosting padu padan pakaian yang dipakai di kampus (sekarang populer dengan istilah outfit of the day - ootd) di blog. Alhamdulillah ternyata banyak yang tertarik dan gak jarang juga orang yang tadinya ingin berhijab tapi takut, jadi muncul percaya diri untuk segera memakai hijab, melihat memakai hijab ternyata tidak menghalangi kita untuk berkreasi.


Apa topik utama dari blog kamu? dan apa alasannya?

Topik utama dari blog aku adalah hijab daily fashion and lifestyle, alasannya karena aku alhamdulillah berhijab dan sering sharing segala hal yang berkaitan dengan lifestyle aku dan outfit keseharianku.

Apa benar kamu salah satu pendiri Hijabers Community (HC) dan Indonesian Hijab Blogger (IHB)?

Alhamdulillah kebetulan aku salah satu pendiri komunitas hijab, Hijabers Community dan komunitas blogger berhijab, Indonesian Hijab Blogger.

Apa tujuan didirikannya HC dan IHB?

HC adalah kumpulan wanita muda berhijab yang tujuan didirikannya adalah sebagai wadah para muslimah berbagi ilmu, sharing tips dan pengalaman seputar hijab. Sedangkan IHB adalah wadah para muslimah berhijab yang memiliki hobi blogging, tidak hanya blogging tentang satu topik, tapi terbuka bagi topik-topik lainnya.

Pada dasarnya kedua komunitas ini berdiri untuk menyampaikan pada masyarakat bahwa hijab tidak menghalangi seorang muslimah untuk terus menggali potensi, ilmu yang mereka miliki dengan tidak melupakan hak dan kewajibannya sebagai perempuan muslim.

Kembali ke blog dan tema blog, siapa sih yang menginspirasi style kamu?

Sebenarnya tidak ada role mode yang spesifik untuk style aku. Semua orang bisa menginspirasi aku dan aku suka melihat referensi fesyen hijab style  di social media, seperti instagram, pinterest, facebook dan sebagainya. Nah, dari referensi itu aku mengukur diriku, sesuai gak sama personality aku. Kalau cocok, bisa aku adaptasi, begitu juga sebaliknya.

Apakah Puput Utami dan pupututami.com ajakan bekerja sama?

InsyaAllah iya. Namun mungkin tidak semua ajakan kerjasama akan aku ambil karena kerjasama tersebut harus cocok dengan aku dan pembaca blog ku. Ada term and condition yang berlaku. Untuk info TnC dan ratecard, silahkan email ke pupututami[at]hotmail[dot]com

Bagaimana dengan hadiah?

Hadiah boleh saja, tetapi tidak ada yang bisa memaksa aku untuk memosting hadiah tersebut di social media yang aku miliki. Besar kemungkinan kalau aku suka dengan produk tersebut, aku bisa review/ publish hadiah tersebut di social media ku.

Apakah bisa mengundang Puput Utami untuk datang ke event atau menjadi narasumber talkshow?

InsyaAllah bisa, selama waktu undangan tidak diadakan pada saat aku bekerja di kantor.

Bisa kah aku sharing atau ingin bertanya tentang sesuatu yang berkaitan dengan isi blog ini kepada Puput Utami?

Sure,  silahkan kirimkan pertanyaan kamu via email ke pupututami[at]hotmail[dot]com.






Salaam and cheers!
Puput Utami