Deep Cleaning Pascarenovasi

November 29, 2021


Familiar dong dengan judul di atas? Beberapa tahun terakhir ini hits banget nih jasa bersih-bersih rumah. Kalau aku sendiri tahu jasa ini pertama kali dari aplikasi ojek online yang di dalam aplikasi tersebut juga ada jasa untuk membersihkan rumah. Nah sejak saat itu berseliweran lah di timeline media sosial ku, masyarakat medsos berbondong-bondong menggunakan jasa bersih-bersih ini. Waktu itu aku-pun tertarik untuk mencoba jasa bersih-bersih tersebut. Tapi jujur aku tipe orang yang malessss kalau ada orang kerja di rumah (kecuali ART ya, atau orang yang udah kenal kerja di rumah ya gakapaapa) kalau gak urgent banget. Lagipula sepertinya dengan pembagian tugas pekerjaan rumah oleh segenap anggota keluarga kami insyaAllah kebersihan rumah masih bisa dijaga dengan baik.

---

Beberapa waktu lalu, akhirnya kami memutuskan menggunakan jasa bersih-bersih rumah untuk membersihkan rumah kami pascarenovasi. Seperti yang teman-teman tahu, kalau yang namanya rumah pascarenovasi (walaupun hanya re-paint) kondisinya benar-benar kotor; entah debunya atau bau catnya, yang jelas walaupun terlihat tidak kotor, tapi kalau kita jalan di lantai berasa banget debunya tebal. Nah, daripada kecapean bersih-bersih se rumah berdua sama suami aja, dan biar tetap waras karena diri ini agak-agak OCD maka mulailah pencarian vendor deep cleaning lewat media sosial. 

Dari pencarian ini aku merapat ke 3 vendor deep cleaning (pada prinsipnya gausah deketin banyak vendor, biar ga teralalu banyak perbandingan dan pada akhirnya  pusing) yang ternyata ke-3 vendor ini punya treatment yang berbeda.. Vendor tersebut diantaranya OKhome, Klik n Clean dan Romora Hydrojetwash.


Disclaimer dulu ya!

Apa yang aku tulis di sini murni sudut pandang aku sebagai customer dan berdasarkan pengalamanku berinteraksi dengan layanan ini. Jadi kalau ada yang ga sreg, kembali lagi ini experience customer, jadi wajar aja kalau ada pros dan cons nya :). Selain itu dipostingan ini aku gak akan spill rinci biaya jasa masing masing vendor secara keseluruhan ya. Jadi teman-teman yang penasaran dan ingin menggunakan jasa deep cleaning ini silahkan terjun langsung ke vendor masing-masing.





Dua dari tiga vendor cleaning service ini menggunakan aplikasi dalam pemesanan jasanya, yaitu Klik n Clean dan OK home. Dua-duanya aku dapat via instagram dan memutuskan untuk mendekati vendor-vendor ini karena mutual friendsnya banyak di instagramku hehe. Terlebih KliknClean sudah punya centang biru di akun instagramnya. Lalu keduanya aku hubungi via aplikasi (harus download aplikasi dulu ya) dan setelah submit data diri dan luasan area yang akan dibersihkan, pihak vendor akan menghubungi kita untuk konfirmasi jadwal survey ke rumah kami.


Perbedaan kedua vendor tersebut di tahap awal adalah ada dan tidaknya biaya survey ke lokasi pengerjaan. Setelah survey ke lokasi pengerjaan dilakukan, mereka akan mengirimkan list pekerjaan dan quotation sesuai hasil survey. 


Berbeda dengan vendor satu lagi yang aku 'dekati', namanya Romora Hydrojetwash (RH). Mereka menawarkan jasa tanpa survey lokasi. Jujur karena dua vendor sebelumnya minta survey lokasi, ketika RH bilang gak perlu survey kami sempet ragu. Makanya, kami kirimkan RH denah rumah untuk memastikan luasan yang akan dibersihkan. Selain itu kami juga ragu awalnya dengan RH karena sepenglihatan kami di media sosial RH mereka ini spesialis bersih-bersih yang hardcore 😂, misalnya, pembersihan kerak kamar mandi yang super duper kotor, pembersihan toren, pembersihan lantai carport yang super kotor dan berjamur, pembersihan candi-candi yang berlumut 😂 dan sebagainya. Kerennya yang berkerak-kerak dan kotor tersebut bisa kembali bersih seperti baru lagi. 


Singkat cerita, dua vendor pertama gugur karena ada beberapa requirement yang kami gak cocok dan akhirnya kami memantapkan menggunakan jasa RH. Sempat ketar ketir di awal karena ini pertama kalinya pakai jasa bersih-bersih rumah. Ada perasaan "worth it ga sih pake jasa-jasa beginian", "apa sebenarnya bisa aja dikerjain sendiri biar lebih bersih". Namun dipikir lagi misalnya dikerjain sendiri yang ada tar capek lalu efeknya kita jadi rewel ya bun, malah ga kelar kelar. Jadi yasudah bismillah.


---

Oiya, alasan lain kenapa kami memutuskan untuk pakai jasa bersih bersih ini karena -entah apa penyebabnya, pasca ditinggal tukang 2 hari, bagian bagian rumah yang pakai besi/ stainless steel tiba tiba berkarat termasuk microwave. Jadi yaudah insyaAllah keputusan yang tepat lah pakai RH dari pada madame cranky 🙈.


Romora Hydrojetwash Review


Setelah booking jadwal, tim Romora datang tepat waktu di rumah kami pada hari pertama pengerjaan. Hari pertama agak ngaret setengah jam karena menunggu alat-alatnya datang ke rumahku. Jadwal kerja dilakukan selama 3 hari dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Ada 4 menpower yang bertugas, laki-laki semua, tampilan rapi, bersih dan ada 1 orang supervisi yang mengawasi yakni ownernya sendiri (pak Freekerson). Hari pertama inipun aku home tour dulu sama pak Freekerson, untuk memberi info bagian mana yang harus dikerjakan, concern bersih-bersih ku seperti apa, dan keluhan-keluhan ku yang lain terkait bersih-bersih.


Peralatan dan perlengkapan bersih-bersih yang dibawa oleh RH cukup lengkap. Akupun gak begitu ngawasin juga bagaimana mereka bekerja di hari pertama, tapi insyaAllah pak Freekerson dan team ini amanah. Fyi, ketika deep cleaning kebetulan rumah kami gak banyak perintilan. Segala barang barang pindahan masih tersimpan rapi di dalam box dan kebanyakan isinya buku. Jadi kalau mau ninggalin tim Romora bersih bersih rumah insyaAllah aman. 


--

Hari ke-2 aku stay agak lamaan di rumah dan cukup amaze sama jasa bersih bersih ini. Karena bersih-bersihnya detail sekali. Bahkan buku yang ada di dalam rak dikeluarin satu-satu, lalu dilap. Lantai yang tadinya kita injek aja bikin telapak kaki hitam, alhamdulillah jadi kinclong bersih ngeresep ke kalbu. Karat-karat juga kembali kinclong. 


Pertanyaan dalam hati ini akhirnya terjawab "kenapa bersihin rumah saja butuh waktu 3 hari?". Jawabannya karena bersihinnya detail banget. Sampai debu ngumpet dipojokan tembok saja mereka bersihkan sampai debu debu tersebut hempas. Kalau boleh jujur, gapapa deh ga pakai ART, asalkan hire general cleaning detail sebulan sekali kayak gini, wakakaka 🙈 *dijitak suami 


Selain pengerjaannya yang detail, mereka juga rapi, resik dan aku gak perlu banyak ngomong. Walaupun tetap lah ya, yang namanya ibu-ibu bawel banget kalau urusan bersih-bersih hehe. Buatku hal-hal tersebut penting karena aku pribadi ga suka pekerjaan yang berantakan. Bapak-bapak ini bersihinnya slow motion sekali haha gemes. Tp hasilnya juaraaak. The gong is, kerak di WC toilet belakang di rumahku alhamdulillah hengkang dan seperti baru lagi. Entah ini karena pertama kalinya aku pakai jasa bersih bersih ya sehingga excited sama hasilnya, atau memang hasil pekerjaan Romora yang "hardcore" patut diacungi jempol. 


Selain itu yang membedakan Romora dengan dua vendor yang aku dekati adalah, mereka ga ada tambahan biaya lain lain hehe. All in. Jadi kita bisa prediksi budget banget dan pembayaran dilakukan setelah pekerjaan selesai. Oiya, kemarin akupun dikasih bonus one day cleaning kalau misalnya ada pekerjaan yang customer rasa kurang. Dan bonus tersebut aku ambil dong.. jadi seminggu setelah pekerjaan, tim Romora datang lagi untuk cleaning ringan. Seharusnya bonus ini berlaku maksimum 3 hari setelah pengerjaan, tapi karena melihat kondisi rumah ku yang lengang dan ga banyak furniture + perintilan, pak Freekerson menyanggupi garansi dilakukan  satu minggu setelah deep clean. Hehe terima kasih pak!


---


Tapi tenang aja, walaupun di sosmed Romora yang ditampilkan adalah hasil bersih bersih yang hardcore, mereka tau kok treatment apa yang harus dilakukan tiap case. Awalnya suamiku khawatir lantai rumah bakal dibersihin pakai hydrojetwash 👻 tapi ternyata engga kok. Haha mereka paham lah ilmunya bagaimana, apalagi alat-alat yang dipakai profesional sekali. Dari sapu, pel, tangga lipet, ember, vakum dll mereka bawa sendiri. Overall puas sama hasil kerjanya Romora. Semoga makin banyak customernya yaaa... keep humble!


More info, bisa dicek instagramnya @romora.hydrojetwash 

No comments

Post a Comment

Thank you for your visit and comment!