Puasa Pertama Zayd

April 16, 2021


MasyaAllah tabarakallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah. Ramadan tahun ini ternyata jadi tahun pertama Zayd belajar berpuasa. Alhamdulillah saat aku tulis artikel ini Ramadan sudah masuk hari ke 4 dan insyaAllah akan jadi puasa full hari ke 2 Zayd dari Subuh sampai Maghrib.


Persiapan Belajar Puasa. 



Alhamdulillah. Sejujurnya salah satu alasan menyekolahkan Zayd di sekolah Islam, agar Zayd terbiasa dengan aqidah Islam. Jadi, selain di rumah, di sekolahpun dia tetap dekat dengan Fiqh Islam. Salah satunya seperti pengenalan kepada rukun Iman dan rukun Islam. Menjelang Ramadan, sekolah jadi lebih gencar mengenalkan tentang rukun Islam ke-3, berpuasa di bulan Ramadan. Meliputi, apa itu puasa? mengapa kita berpuasa? Hadist tentang puasa apa saja, dan sebagainya disamping pengenalan dasar-dasar Islam yang juga tentu saja dikenalkan sedari dini di rumah oleh keluarga. 


Nah, beberapa minggu menjelang Ramadan kami refresh lagi pengenalan puasa kepada Zayd. Tapi, di umur Zayd ini kayaknya lagi masa keras kepala, udah bisa banget negosiasinya, gengsinya gede, adaaa aja jawabannya kalau ditanya. Jadi kalau di bilang "Zayd, insyaAllah sebentar lagi bulan Ramadan, sebagai umat Muslim, kita harus berpuasa..Zayd ikut Puasa yah". "Nooooo!!". 😅😅😅


Beda sama adiknya, abang Zayd ini jarang minta makan. Kecuali udah bener bener laper banget. Baru deh minta makan. Prediksi suami sih insyaAllah bisa diajak puasa, asal tetap sahur. Tapi jujur aku ga tega haha, maklum ibu-ibu yah. Tapi bismillah belajar yaa nak. Setengah hari juga gapapa. 


BIASANYA, anak-anak ini satu setengah jam sebelum subuh sudah "rame". Kebiasaan di rumah orang tuaku jam 3 pagi sudah distel lantunan Murratal Juz Amma agar seisi rumah bangun untuk shalat malam dan anak anak terbiasa bangun untuk tahajjud dan solat subuh berjamaah. Kali ini, saat Ramadan dilalah pas dibangunin buat sahur kok ya jadi nyenyak sekali tidurnya. Padahal tidurnya pun gak larut, jam 8 malam sudah tidur. 

Jadi, kami (aku dan suami) puter otak gimana caranya agar Zayd mau dibangunin untuk sahur. Hari pertama, dibangunin sambil ditanyain "mau minum susu ga", alhamdulillah langsung dijawab "mau" dan langsung lompat kasur menggapai susu ketika susunya ada di depan mata. Hari pertama puasa alhamdulillah puasa sampai adzan Dzuhur dan request minta Milo ice dari McDonald 😅. Begitu minuman yang diinginkan ada di depan mata langsung di minum sama dia hahaha. Menyaksikan anak sendiri puasa dan berbuka walaupun masih setengah hari masyaAllah terharu. Lihat dia minum es Milo nya juga masyaAllah seru banget hahah. Nikmat banget minumnya 😂. 

Hari kedua ketika dibangunin sahur, mulai ngerengek sambil merem "GAK MAU" "GAK MAU PUASA" "GAK ADA SUSU.. NO!NO!". Baru mau sahur jam 5 pagi 🙏😊 gak apa apa, nak. Alhamdulillah ada kemajuan. Kali ini puasanya sampai jam 2 siang karena pengen banget makan Roti . Yasudah, karena masih belajar puasa, buka puasa deh jam 2 siang. Abis itu puasa lagi sampai Maghrib.

Alhamdulillah hari ketiga Ramadan, Zayd bisa puasa penuh sampai adzan Maghrib. Jujur sebagai Ibu aku ga tega 😅, walaupun sahurnya komplit 4 sehat 5 sempurna plus vitamin. Menjelang berbuka puasa sekitar jam 5 sore Zayd request Pizza. Oke deh Pizza, tapi harus puasa sampai Maghrib, Alhamdulillah ga nyangka lulus puasa full satu hari untuk pertama kalinya. masyaAllah Terharu, anakku. 

Rewardnya dibeliin Pizza dan dapet susu coklat pake ice cube yaah. Alhamdulillah.

InsyaAllah hari ini hari ke4 puasa. Semoga kuat yaa nak puasa sampe Maghrib.. Semangat! InsyaAllah balasannya pahala.

2 comments:

  1. MasyaAllah, semoga semangat terus puasanya ya Zayd. Udah gede banget ya Zayd sudah jadi Abang dan kuat puasa sampai maghrib :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah, terima kasih tante Niaa.. aamiin ya Rabb

      Delete

Thank you for your visit and comment!