MENU

May 19, 2018

Ramadan Mubarak!



Walaupun saat menulis blog post ini sudah masuk hari ke-3 bulan Ramadan, bukan berarti gak bisa ngucapin selamat menjalankan ibadah puasa kan yaaa buat para pembaca certincah nya akuhh. Ramadan mubarak for everyoneee! Semoga semua ibadah kita di bulan yang penuh berkah ini dimudahkan dan diterima oleh Allah SWT. aamiinnn YRA.

Yak, seperti yang sudah-sudah sebelumnya, jadi Ramadan kali ini sangat spesial sekalii, karena pertama kali ber-Ramadan jauh dari tanah air Indonesia tercinta. Biasanya kalau sahur or buka puasa ngandelin orang rumah (khususon, orang tua) kalau sekarang ngandelin diri sendiri, tanggung jawab bertambah ya khaan! ada suami dan anak. Kalau dipikir-pikir, keren juga gue bisa nyiapin menu buka puasa dan sahur hehehehehehe. literally nyiapin yaa, dari bikin menu, belanja sampai eksekusi. Suami dan anak mau apaa? dibisa-bisain biqinn.. dan ini lah yang bikin takjub sama diri sendiri. Itung-itung pengalaman hidup. Coba kalau sekarang bertahan gak ikut suami merantau, mungkin aku belum bisa ini ituh..hehehe. Hikmahhh ya.. alhamdulillahirabbil'alamin.

Oiya, perbedaan bulan puasa di negara sendiri dan negara rantauan, jelas beda. Di negara sendiri, kesandung dikit ada masjid dan mudah dengerin adzan, dzikiran dari masjid dan yang pasti dimana-mana ada orang jualan takjil. Kalau di HK yg mana walaupun banyak komunitas muslim, tapi Islam adalah agama minoritas. Jadi gak usah lebay kalo lihat orang makan, jilat-jilat ice cream, minum jus di pinggir jalan. Itung-itung ladang bonus pahala dari Allah SWT.

Untungnya, Konsulat Jendral di HK ini mengadakan acara bukber tiap Jumat dan pembagian takjil gratis setiap hari. Jadi kalau kanget beud sama suasana Ramadan di kampuang halaman, bisalah mampir ke KJRI walaupun menurutku PR yak ke sana nya kalau tiap hari hehehe. Terus, apalagi yah.. oiya pertanyaan terbanyak pasti nanyain soal berapa lama puasa di HK. Nah, puasa di HK sebenernya ga jauh beda dari di Indonesia, kurang lebih 15 jam, dimulai dari sekitar pukul 04.20 HKT yang makin lama berkurang semenit sampai akhir Ramadan, dan adzan Maghrib sekitar pukul 19.00 HKT yang makin lama makin bertambah semenit sampai akhir Ramadan. 

Hal yang bikin berat, kayaknya sama yah sama negara-negara lain (kecuali di benua Australia sana kali yak), puasa Ramadan ini bertepatan dengan musim panashhh... aslik panas banget alhamdulillah. Kalau gak perlu perlu banget mendingan ngadem aja di rumah deh hahaha.

Kayaknya segitu aja kali yah update-an kali ini. Sekali lagi, semoga puasa kita semua lancar dan diterima oleh Allah SWT. aamiinnn...


PS: ilustrasi fotonya ga nyambung memang hahahah taken by the one and only, my hasben 😘


Love,
Puput


No comments :

Post a Comment

Thank you for your visit and comment!