MENU

July 6, 2017

Betadine SC Antiseptik Review



Hi semua! Kali ini aku mau review sabun cair antiseptik dari salah satu brand yang semua temen-temen pasti udah tahu, Betadine. Pertama kali aku tau Betadine ini identik dengan obat 'merah' (which means kayaknya karena berwarna merah, jd disebutnya warna merah) untuk mengobati luka. Dulu waktu kecil aku sering banget pakai obat merah ini karena sering lari-larian dan jatoh. Tapi yaitu, kalau udah kena obat merah Betadine ini perihnya ya Alloh... hahaha meskipun gitu, cepat keringnya.


Setelah lama jarang gak pakai Betadine sebagai obat merah (karena udh gede juga ya, jadi kalau jalan/ lari udah bisa terkontrol haha) aku tahu sekilas bahwa betadine ada yang khusus untuk area kewanitaan. Aku tahunya dari salah satu radio yang sering aku dengar. Dalam siaran tersebut aku juga baru tahu kalau ternyata Betadine ini udah terkenal di seluruh dunia dan bahkan pernah dipakai oleh para pilot NASA *cmiiw* untuk membersihkan pesawat mereka.



Nah, akhir-akhir ini aku sering banget dengar berita tentang HFMD (Hand, Foot, Mouth Disease). HFMD ini adalah penyakit tangan kaki mulut yang disebabkan oleh virus dari genus Enterovirus (Selengkapnya bisa baca di sini). Paling rentan menjangkiti anak-anak tapi orang dewasa juga wajib waspada. Makanya aku jadi concern banget nih sama HFMD apalagi saat ini anakku lagi senang-senangnya main di lantai/ tanah serta memasukkan apapun ke mulutnya. Dari berbagai macam antiseptik aku lihat yang paling meyakinkan ya Betadine ini. Alasannya? mungkin pengaruh dari sering denger talkshow produk Betadine ini di radio kali ya dan selain itu Betadine juga produk yang udah lama banget aku tahu. Jadi, kenapa engga kalau kita coba produk Betadine yang concern terhadap HFMD ini.

Oiya, sebelum lanjut ke pengalaman ku menggunakan Betadine SC Antiseptik ini, aku mau kasih tau hasil penulusuranku tentang bagaimana mencegah HFMD ini:
  1. Hindari berdekatan atau kontak fisik dengan orang yang terinfeksi HFMD
  2. Jangan berbagi makanan ataupun peralatan makan dengan orang lain jika teman-teman menduga salah satu dari orang-orang di sekitar kita terinfeksi. Well, ini yang harus digarisbawahi. Aku pribadi menghindari berbagi makanan atau peralatan makanan dengan orang lain. Misalnya, ada satu makanan, ada satu sendok dan satu piring. Karena alasan persahabatan, pertemanan, keakraban dan icip-icip, kita mau-mau aja sharing sendok dan makanan yang sudah dipakai oleh orang lain tanpa dicuci. No offense guys, tapi please kita gak tau kan riwayat orang-orang yang sharing peralatan makan sama kita itu gimana? Aku menyayangkan banget nih kalau ada yang begitu di sekitarku. hix. Apalagi sekarang lagi nge-hype banget tradisi liwetan makan rame-rame. Kalau aku pribadi prefer liwetan yang pakai piring aja sendiri-sendiri. IMHO ya..
  3. Jika anak sakit, tetaplah berada di rumah dan jangan menitipkan anak kita yang sedang sakit ke tempat penitipan anak karena dikhawatirkan bisa menular ke anak-anak yang lainnya.
  4. Rajinlah mencuci tangan
  5. Perbanyak makan buah, sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Dan, jadi deh tuh aku beli Betadine SC Antiseptik. Aku pikir tadinya agak susah ya carinya. Karena di supermarket yang bisa aku kunjungi gak ada. Eh, pas ke supermarket yang satu lagi banyak benerrr berjejer si Betadine SC Antiseptik. Yasudah, karena aku dalam tahap nyobain, aku gak berani langsung beli banyak. Jadi, aku beli aja satu dulu.

Betadine SC Antiseptik

Dari tampak luar, Betadine SC Antiseptik ini memiliki kemasan berwarna merah dengan keterangan logo di depan dan keterangan cara penggunaan di belakang seperti pada umumnya. Menurutku kemasannya cukup standar dan kurang menarik, tapi justruuu jadi keliatan khas banget Betadine nya hehe. Karena di antara produk yang lain, kemasan Betadine ini yang paling eyecatching. Oiya, aku Aku beli yang 100ml.


Yang namanya sabun cair ya, aku pikir ini Betadine versi sabun cair seperti sabun cair pada umumnya. Waktu aku coba, walah... kayak kena jebakan batman. Isinya persis kayak obat merah Betadine pada umumnya yang berwarna merah kecoklatan, dan aromanya... hmm aroma Betadine banget. Jadi berasa cuci tangan pake obat merah gitu lho. Tapi tetap aku lanjutkan mencobanya sesuai dengan petunjuk di belakang kemasan.


***

Betadine SC Antiseptik ini mengandung Povidone Iodine (zat anti mikroba yang secara efektif dapat membunuh bakteri, virus dan jamur) dengan kadar 7,5% efektif melindungi kulit dari kuman (jamur dan bakteri) penyebab penyakit dan produk ini telah dipercaya oleh rumah sakit di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun untuk mencegah dan mengobati infeksi. Dan.. tahu gak sih? para astronot ketika kembali pulang ke bumi, mereka dimandikan menggunakan Betadine ini loh. Nah, dari situ kan kita bisa lihat kalau Betadine ini memang sangat dipercaya ampuh untuk membersihkan kuman-kuman dari luar angkasa sana.

***


Jadi, setelah punya Betadine SC Antiseptik ini aku punya kebiasaan mencuci tangan (Dan mencuci mainan-mainan Zayd yang gigitable) dengan cairan ini. Alasannya, selain menimalisir kuman-kuman,  Betadine ini juga terbukti 99,99% membunuh virus penyebab utama HFMD. Selain itu kalau teman-teman habis dari rumah sakit atau jika di kantor ada yang sedang sakit dll kita bisa lebih sering mencuci tangan (atau bahkan mandi) dengan menggunakan Betadine SC Antiseptik ini. That is why kayaknya Betadine SC Antiseptik ini must have and bring item to everywhere ya.. terutama kalau kita mau travelling yang pastinya bakal ketemu orang banyak. 

Daaaaan... ini kesimpulanku setelah memakai Betadine SC Antiseptik

Minus :

  • Warnanya horor sisterr, kayak obat merah haha. Jadinya pertama kali aku pakai agak kaget
  • Aromanya obat merah banget
Plus :
  • So far aku pakai hanya untuk cuci tangan, tapi aku merasa aman sih setelah pakai Betadine SC Antiseptik ini. Kalau dari hasil browsing di beberapa forum, Betadine SC Antiseptik ini juga bisa bantu menghilangkan jerawat lohhh.
  • Aku beli di supermarket harganya 40 ribu sekian. Tapi kalau teman-teman mager keluar rumah buat beli, bisa beli online juga di Jd.id. Praktis!
  • Kandungan Betadine yang memang sudah teruji dan terbukti, buatku poin minusnya bisa dimaklumi lah ya.

Jadi, lanjut pemakaian apa engga? LANJUT DONGGG! penting banget ya kan.
Semoga review ini bermanfaat yaa,

Love,
Puput

1 comment :

  1. Buat aku malah ngerasa secure karena baunya betadine itu hehe

    ReplyDelete

Thank you for your visit and comment!