MENU

February 6, 2017

ZAYD MPASI


Atas saran DSA nya dan melihat minat serta syarat-syarat bayi sudah bisa dikenalkan kepada makanan padat, alhamdulillah tanggal 4 Feb 2016 kemarin Zayd mulai makaaaaan. Menu pertama Zayd adalah bubur asi + jenis sayur. Sayurnya, aku pilih wortel.



Again, menu MPASI ini atas saran DSA nya dan (sejujurnya) atas inisiatif ibunya sih hihi. Jadi sebelum hari eksekusi aku sempet browsing sana-sini soal MPASI dan sama kayak waktu belajar tentang ASIP beberapa bulan yang lalu, aku terkena syndrome too much information. Terlalu banyak informasi yang aku dapatkan dari browsing blog, grup FB, forum dan sebagainya yang berujung aku galau dan bingung mau gimana. Bingungnya lebih karena gak ada yang sesuai dengan ekspektasi aku sih haha. 

Setelah curhat sama suami tentang kegalauanku pascamembaca hasil browsing, suamiku ga nyaranin baca-baca grup FB tapi lebih nyaranin baca di situs resmi seperti IDAI, NHS atau buku-buku yang ditulis oleh orang yang ahli di bidangnya.

Apalagi banyak ibu-ibu yang nyiapin menu MPASI yang bervariasi sejak hari pertama. Variasinya gak cuma sehari beda, tapi per sesi makan beda menu juga. Selain itu, makannya ada yang langsung kasih 2x makan bahkan ada yang 3x makan. Part tersebut bikin aku makin pucing karena ga FIT dengan pemikiranku. Karena menurutku dan menurut logikaku (sih), minggu pertama MPASI ini kan pengenalan buat si bayi, jadi (menurutku) si bayi gak perlu dikasih langsung porsi 3x makan dengan variasi menu berbeda-beda. Biarkan bayi kenal dulu dengan satu menu 2-3 hari, kemudian secara bertahap kita variasikan menunya. Karena MPASI bukan pengganti ASI tetapi pelengkap ASI.

Sampai akhirnya aku dikirimi buku berjudul "Starting Solid" yang ditulis Annabel Karmel, oleh suamiku (dan beliau juga memberikan beberapa link dari situs resmi untuk aku baca). Ternyata so far setelah kubaca dengan seksama, buku Annabel Karmel tersebut cocok dan sesuai dengan ekspektasi ku hihi. Di dalam buku ini dijelaskan segala hal soal MPASI serta ada panduan jadwal makan dan menu. Jadi yaa alhamdulillah so far buku ini bisa jadi panduan untuk memberikan solid food untuk Zayd. Selagi baca buku ini, aku juga chat sama dsa nya Zayd dan alhamdulillahnya dsa nya Zayd ga ribet dan super fleksibel dan alirannya kayaknya sama dengan buku Annabel Karmel ini. Jadi makin semangat siapin MPASI buat Zayd hihi.

Jadii, makanan pertama Zayd adalah puree wortel (1x sehari) dan rencananya menu yang sama akan diberikan 2-3 hari untuk tes alergi. Bagaimana reaksi Zayd? Pastinya suapan pertama dia masih icip icip dulu sambil berekspresi agak aneh karena mungkin sedang adaptasi nerima makanan baru kali ya. Suapan kedua dan ketiga langsung mangap terus kalau disodorin sendok dong hahaha. Walaupun porsinya masih sedikit (2-3 sdt) alhamdulillah Zayd pinter makannya. Sehat-sehat terus yaa sayangku. Semoga tambah sehat dan kuat aamiin. Oiya, aku ucapkan terima kasih untuk mama-papaku, suamiku dan si mbak yang telah ikut menyukseskan MPASI perdana Zayd hihi.

Nah, kalau ibu-ibu sekalian gimana pengalaman MPASI pertamanya? Sehari berapa kali dan menunya apa aja? share yaaa di kolom komentar pertama. Kalau ada postingan blognya, boleh loh ditulis juga di kolom komentar. Aku mau blogwalking nih hihihihih

6 comments :

  1. Zyad, gemes banget ciiiy.. selamat menikmati saat2 makan pertama ya pinteeer :-*

    ReplyDelete
  2. hi puput,
    klo aku awal MPASi, aku kasih pure pepaya dan sorenya aku kasih pisang, awal2 sih disembur2 hari ke 3 baru deh enak makannya, setelah 2 minggu menu tunggal, barulah ke menu 4* dan alhamdulillah lahap makannya, oh iya jgn lupa lemak tambajannya juga ya put buat zayd..
    Sehat2 trus ya syg, moga makin lahap makannya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mba Nurul, terimakasih quick sharingnya hihi aamiin untuk doanya :)

      Delete

Thank you for your visit and comment!