MENU

October 5, 2016

Menyusui, Pakai Baju Seperti Apa ya?

#KisahMaternityLeavenyaPuput


Menjelang hari-hari kelahiran, aku mendapat banyak sekali petuah dan advice baik dari para orang tua maupun teman-teman yang berpengalaman (sudah pernah melahirkan). Kalau dari para orang tua mah gak usah ditanya ya.. banyak banget nasihatnya. Sedangkan kalau dari teman-teman yang sudah pernah melahirkan lebih ke yang nyantai aja tapi praktikal. Salah satu nasihat yang nempel di kepala aku adalah, banyakin stok baju bukaan depan agar tidak repot saat menyusui. Nasihat ini juga aku dengar dari mamaku sebelum aku melahirkan.

Berangkat dari nasihat-nasihat tersebut, mulailah aku hunting baju bukaan depan. Alhamdulillah terkumpul 3-4 items plus daster bukaan depan. Nah, ketika sudah melahirkan dan hendak menyusui untuk pertama kalinya, ternyata..TOENG! beberapa baju bukaan depan yang aku kumpulin ternyata susah dipakai untuk menyusui karena bukaan (kancing) depannya kecil sehingga Zayd agak kesusahan mengakses ASI. Jadi kesimpulannya, gak sembarang pakaian dengan bukaan depan yang bisa dipakai oleh ibu menyusui yang sedang menyusui langsung. Atau solusi lain adalah baju khusus  menyusui. Tapi aku liat liat IG ibu-ibu yang punya bayi ASI, kenapa mereka nyantai aja ya pake baju kaos tanpa ada kancing/ resleting atau bukaan buat menyusui? hmm.. canggihh. Emang kalau bepergian ga nyusui ya?

Oh iya, pernah juga aku pakai baju rumah bukaan depan resleting. Walaupun gampang saat hendak menyusui, namun tetap ribet karena harus melipat/melindungi resleting ke dalam kain pakaian agar rel resletingnya tidak terkena Zayd saat menyusui. Kasian kan kalau pipinya kena tempel resleting.


Selain baju rumah dan baju bepergian (so far jalan-jalannya baru ke rumah sakit doang sih heuheu),  Ternyata juga harus ada stok baju bukaan depan untuk dipakai ke acara semi formal lho. Baru-baru ini aku diundang ke pernikahan salah satu teman dan mau gak mau harus bawa Zayd karena... gak tega ninggalinnya, gimana kalau dia kehausan? *mewek* (padahal ada stok asip -_-). Nah, waktu mau nyiapin mau pakai baju apa ke acara pernikahan nanti ternyata baru sadar kalau dress-dress yang aku punya semuanya bukaan belakang. Nah lohhh ??! Eng ing engg... ga mungkin kan maksain pakai  dress terus kalau nanti Zayd tiba-tiba minta susu pas di TKP harus riweuh? Untungnya ada satu baju yang bisa dipakai ke acara pernikahan. Walaupun baju ini sering banget dipake, tapi yasutralah. 

Sepulang dari pernikahan, masih loh kepikiran kalo aku sama sekali ga ada baju bukaan depan kalau kalau ada undangan lagi, hahaha. Sempet kepikiran kenapa aku gak pakai baju model kebaya ya. Aku pikir kalo kebaya kan mostly bukaanya bukaan depan. Hmm.. tapi masalahnya, aku gak punya kebaya yang asik buat dipakai ke acara semi formal seperti acara pernikahan. Setelah itu aku coba browsing baju kebaya dan ternyata koleksi kebaya bisa ditemukan dengan mudah di website Zalora

Di postingan ini aku pakai salah satu blouse bukaan depan dari salah satu clothing line (silahkan lihat instagramku untuk nama clothing line nya). So far pakai baju ini nyaman dan lucu karena panjangnya nanggung. Kalau dipasangkan dengan high heels pasti lebih cantik. Jangankan pakai high heels, dipasangkan dengan sandal jepit juga bagus hahahaha. 

Kalau teman-teman yang menyusui, biasanya pakai baju model seperti apa sih kalau mau bawa baby ke luar rumah?

16 comments :

  1. SAMA BANGET SIH !

    Nyesel banget bikin baju dulu kok ngepas badan banget dan dan bukaan belakang. Sekarang udah lah ga muat di dada, susah juga pas mau mimiin.

    Pas hamilpun bikin baju keondangan belom kepikiran buat dibuka didepan. Alhasil akhirnya bikin satu dress yang ada 2 resleting di dada. Dan so far...udah 3x keondangan pake itu terus hahahaha

    ReplyDelete
  2. Dulu kemeja panjang atau tunik kancing depan buat menyusui, si kancing dibiarin terbuka aja biar ngga ribet pas nyusuin, tapi ga keliatan krn ketutup jilbab. Banyak baju dikorbankan digunting juga ahahahahha, soalnya males beli baju baru XD *pelit & irit beda tipis*

    ReplyDelete
  3. I remember my sister when she was breastfeeding her girls, it was usually a home dress with open front or t-shirts (same for the cleavage), and always paired with a scarf to put it on her shoulders and hide her breast, but the problem was when she has to go somewhere; hihihi she ended up sticking to one hijab (abaya) front buttoned ; one thing is sure, motherhood comes with heardships ;)

    ReplyDelete
  4. Sendal jepitnyaaaa,hahaha. Baju dgn kancing atau resleting dpn jg bikin dilema si seperti yg puput blg. Krn aku ga bisa menyusui di tempat umum hanya dgn apron, jadilah klopun jalan ttp harus menyusui di mobil atau ruang menyusui, jd yg penting pakai baju 2 piece aja deh, ga perlu bukaan depan.

    ReplyDelete
  5. "Jangankan pakai high heels, dipasangkan dengan sandal jepit juga bagus hahahaha." --> ngakak hahaha!!
    Iya Put, kayaknya drama nyari baju buat busui gak kelar2.. Aku juga sempet pengen nulis post ttg ini. Baju menyusui yg ada akses menyusui di kanan kiri juga cocoknya buat 2/3 bulan ke atas. Kalo masih newborn mah sebisa mungkin atasan kebuka terus dah :))))

    ReplyDelete
  6. Iiih, adek unyuuuuu, gemess jadi pengin punya baby lagiii *hlo*

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  7. Dek put akupun awal2 aja pake baju bukaan depan,makin besar anaknya ak malah pake kaos atau blouse biasa tanpa bukaan depan.. Kalau menyusui tinggal angkat deh bajunya tutupin pake jilbab hihi

    ReplyDelete
  8. Kalau aku prioritas utama bajunya yang memang ada bukaan depan... Kalaupun terpaksa pas ga pake baju bukaan depan, palingan ngandelin apron deh Put, atau buru2 nyari ruang Laktasi pas mau susuin baby.. Welcome to motherhood yaa :)

    ReplyDelete
  9. Seger banget deh busui ini, kece selalu bisa update blog hehehhe kalo aku dulu pakai yang bener2 kancing bukaan depan yang kancingnya besar-besar gitu. Dulu model tunik seperti itu masih belum banyak put. Jadi nyarinya beneran kemeja kancing depan hahahhha.. nice sharing put :)

    ReplyDelete
  10. Aku suka sandalnya Put, haha sandal ternyaman itu. Baru tau jg nih ttg risleting depan yang ternyata kasihan kalau kena pipi bayi. Baru kepikiran. Skrg klo belanja musti yg bukaan depan ya Put :D

    ReplyDelete
  11. Yah.. Begitulah dilema busui.. Dulu pas awal juga sempet gitu. Sekarang mah udah jauh lebih enak. Brand yang bikin baju menyusui juga udah banyak. Harganya juga ada dari yang murah sampe yang mahal. Sedangkan dulu.. Udah susah, sekalinya ada mehong. *mewek*.

    Pas anak pertama memang nyarinya kebanyakan kemeja. Trus lama-lama bosen juga. Akhirnya pake kaos aja, tapi dalemnya pake tanktop menyusui. Jadi kalo mau nyusuin, angkat aja kaosnya. Bagian dalem tetep tertutup sama tanktop dan bagian atasnya bisa ketutup sama kaos yang dipake. Aman. Hahaha..

    Kalo Kebaya, aku waktu itu akhirnya jahit sendiri kebaya menyusui. Bentuknya kayak baju kurung dan retsleting belakang. Tapi depannya aku bikin akses khusus buat menyusui pake retsleting jepang. Jadi kalo dilihat biasa mah gak keliatan aksesnya. :)

    ReplyDelete
  12. Puput foto ootd pake sendal jepit yg penting tetep kece yaa ^^

    ReplyDelete
  13. Baju kayak kamu gitu Put. Maxi tunik yg kancingnya dari awal sampai akhir, hehe. Pernah pakai baju yg kancingnya cuma sampai setengah badan gitu, eeh anakku ndusel-ndusel kayak kesusahan gitu. Kan kalau kancing setengah badan jadi kayak ketarik ya pas ngelipatnya dan benar kata Puput, bahannya juga harus yg lembut halus biar ngga nyakitin karena muka anak kan pasti ketempelan baju.

    ReplyDelete
  14. Dek Zayyyyyd.. Emesh aneth cik! :*

    Kalok sodara sodara ku yg lagi nyusuin sik belik baju yg katanya busui friendly gitu deh, Mbak Put. Yg aku liat di bagian dada ada semacam kancing yg bisa dibuka, terus dedeknya nenen deh. Hihihi. Gak mahal mahal jugak kok harganya. Malah ada yg bisa dibawa kondangan karena ketjeh! :p

    ReplyDelete
  15. Putam aku kok galfok sama Zayd dan....sendal hahaha. Noted banget deh kalau cari baju bukaan depan nggak sembarangan ya *komat kamit berdoa biar ketularan putam segera*

    ReplyDelete

Thank you for your visit and comment!