MENU

March 21, 2016

Indonesia Fashion Week 2016 - Blogging on Budget


Berbicara soal blogging especially blog yang punya niche niche tertentu, pasti kebanyakan orang bertanya; misalnya travel blogger, "waahh.. jalan-jalan mulu yaa, atau emang ga kerja?, atau dapet duit dari mana sih jalan-jalan mulu?" dan sebagainya. Sama halnya dengan fashion blogger; mostly  kebanyakan orang berfikir.. "wahh.. bajunya bagus-bagus", "bajunya gonta ganti terus, pasti boros nih belanja mulu", dan sebagainya. Well.. gak semuanya salah sih, karena ya..mungkin ada aja blogger yang seperti itu, dan ada juga yang tidak. Tapi, apakah untuk jadi blogger atau lebih spesifik, fashion blogger, harus punya modal besar dulu?


Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu, bertepatan dengan event bergengsi Indonesia Fashion Week  (IFW) 2016 di Jakarta Convention Center - Jakarta, aku dan kak Fitri Aulia serta dimoderasi oleh kak Larasati Putri berkesempatan untuk ngobrol bareng blogger IHB dan pengunjung IFW 2016 dengan tema blogging on budget! Jadi dalam sesi ini membahas tentang "dapur" nya si fesyen blogger muslimah terkait dengan eksistensi dan konsistensi si blogger dalam menyajikan konten dengan tema  blog yang mereka usung. Tema dari talkshow tersebut adalah "Blogging on Budget".

Ngomong-ngomong tentang blogging on budget, bener ga sih kalau kita punya fesyen blog, kita harus terus-terusan update item fesyen terbaru dan harus mengikuti trend tersebut? Buat aku, update tentang fesyen perlu, agar wawasan kita (di bidang fesyen) bertambah. Tapi apakah kita harus  selalu mengikuti trend ? Nope. Tidak semua trend harus kita ikuti. Kita harus bisa memilah dan memilih item apa yang cocok dan tidak cocok dengan kita. Misalnya, kalau sekarang sedang trend rok gemesh! gitu, apakah kita juga harus punya rok jenis tersebut? Balik lagi ke selera dan pribadi masing-masing. Kalau cocok ya monggo diikuti, kalo engga ya.. jangan. Lagian kalau berjilbab mau pake rok gemesh? dipakein legging gitu? hmm... 

Terkait dengan tema "Blogging on Budget". Seorang fesyen blogger selalu mengunggah foto-foto mereka dengan memakai item fashion yang berbeda-beda setiap waktu. Apakah seorang fesyen blogger harus beli baju/ item fesyen terbaru terus menerus? 

Aku dan kak Fitri Aulia punya jawaban serupa tapi tak sama. Ka Fitri, yang notabene memiliki usaha di bidang fesyen muslimah (clothing line) menjawab bahwa dia pribadi gak berpatokan harus selalu beli barang baru dan bermerk. Selama barang tersebut nyaman dan cocok, baik bermerk atau tidak. Untuk hal pakaian, karena kak Fitri punya clothing line, jadi pakaian yang beliau pakai memang produk beliau sendiri. Jadi melalui blognya beliau juga secara tidak langsung memperkenalkan dan mempromosikan produk terbaru dari Kivitz. 

Kalau aku pribadi, pun untuk menjadi seorang fesyen blogger gak melulu harus punya item fesyen baru. aku lebih senang dengan metode mix and match. Mix item lama dengan item baru, atau item lama dengan item lama. Nah, di sini kreativitas kamu diuji. Kenapa? Karena ga jarang fesyen yang dulunya sempat "in", bisa kembali hype lagi di beberapa waktu yang akan mendatang. Jadinya item yang pernah kita punya di jaman baheula, jangan buru-buru disingkirkan karena bisa kita pakai lagi di tahun-tahun yang akan datang. Siklus fesyen itu kalau aku perhatikan seperti sebuah lingkaran. Jadi, apa yang saat ini menjadi tren, bisa saja di waktu yang akan datang kembali menjadi tren. Seperti misalnya celana harem. Di tahun 80-an, Ida Royani pernah mengeluarkan koleksi celana harem. Sekitar 2009-2010 celana jenis ini kembali menjadi trend di kalangan masyarakat. Bahkan beberapa designer muslimah kondang seperti Dian Pelangi dan Ria Miranda pernah mengeluarkan koleksi tersebut. (Aku juga punya lhooo :p)

Selain itu, menurutku untuk menjadi fashionable bukan berarti harus membeli barang-barang  baru dengan merk tertentu. Beli barang/ merk mahal bukan menjadi patokan kefashionable-an seseorang ya teman-teman. Kalau memang ada budget khusus ya monggo.. tapi kalau engga, ya engga usah maksa. 


Alhamdulillah acara IHB talkshow bertema 'Blogging on Budget" di IFW 2016 berjalan dengan lancar dan alhamdulillah banyak juga yang mengajukan pertanyaan. Semoga talkshow kemarin memberikan manfaat untuk teman-teman semua yang hadir yaa.. dan terima kasih juga buat yang sudah support dan hadir dalam acara talkshow ini. 


OUTFIT | Abaya by SAE | Bag by Guess | MUA - Suci Utami

Ngomong-ngomong soal outfit of the day and make up of the day, hari itu lagi-lagi pilihanku jatuh ke abaya hitam dengan sentuhan make up hasil karya ibu blogger multitalenta, Suci Utami. hihi makasih amaam sudah bantuin bikin jadi cantik!

See you at the next post.

Salaam
Puput Utami

11 comments :

  1. Kalau aku, ide-ide kreatif dan on budget justru semakin bermunculan saat aku semakin sering posting. Anyway, Mbak cantik tampak cantik sekali di post ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haii.. actually ide kreatif bisa muncul dari mana aja, apalagi pas kepepet. hehe. Waah terima kasihh :))

      Delete
  2. Salah satu enaknya jadi fashion blogger, dapat free fashion items dan invitation ke fashion show. Jadi bisa tau atau mungkin dapat gambaran apa yang akan hip nantinya :)
    Tapi buat aku yang seru adalah mix n match baju & aksesoris yang ada biar selalu terlihat beda

    Setuju sama komen diatas, Puput terlihat cantik :)

    Hello!
    Titaz
    www.titaztitaz.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Titaz! Thank you comment nya..thanks juga pujiannyaa...aamiiin :D

      Delete
  3. Ah sayang gak bisa ikutan talkshownya, pas saya dapat undangan acara fashion show dan udah kesorean :(

    Moga bisa ikutan lain kali, sukses ya mbak :)

    keluargahamsa(dot)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin mbak, semoga bisa ketemu di lain kesempatan. aamiin :)

      Delete
  4. Pakai abaya hitam gitu nggak kelihatan kalau lagi hamil,
    trus aku gugling rok gemesh tuh apaan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. UNA AHHH! udah ketemu belum rok gemesh itu apaan ? :p

      Delete
  5. Dan aku juga ga mudeng lho rok gemesh tuh apaan... Rok yang menggemaskan? 😜 Puput glowing bangeeettt sumpeeee

    ReplyDelete
  6. sama kayak una dan mbak tiyak salfoks ke rok gemesh, nganuu nganuu itu yang rok umbrella tapi sepaha itu kah? secara taunya celana gemesh yang sepaha nyaris pantat ;P

    salam kenal balik ya Puput, senang bisa mampir kemari :D

    ReplyDelete
  7. Yup, aku juga suka mix match item lama dengan item baru. Asyik saat melakukannya dan seneng kalau ada orang yang liat nyelutuk "baju baru lagi ya", artinya mix match kita keceh (karena ga ketauan kalau ada item lama yang nyelip disana).

    ReplyDelete

Thank you for your visit and comment!