MENU

January 28, 2016

Ups! I've Lost my Blog Followers

Sejujurnya sampai beberapa menit yang lalu belum ada kepikiran buat update blog. Tapi melihat pergerakan followers yang tadinya mencapai 2000-an tiba-tiba turun drastis ke angka 1800 an jadi bikin syokkk! haha

Gakk, aku gak gila followers. Tapi followers ini buat aku jadi salah satu pemacu atau cambuk buat terus meng-update blog ini karena dengan teman-teman rela memfollow blog ini berarti teman-teman menyediakan waktu untuk mampir ke blog ini at least 1-2 menit (tapi jangan 1-2 menit juga sih yaa.. hehe semoga betah lama-lama di blog ini). Oleh karena itu, masa orang sudah dengan sudi dan rela dan ikhlas untuk follow, aku jadi gak update apa-apa huhuhu...ya kan ya kan? doakan aku ya semoga ga mager-mageran dan terus update blog indang..

Well,

As far as I know selama aku terjun di dunia media sosial, ada beberapa hal yang membuat followers suatu akun sosmed berkurang, antara lain; Tidak ada aktivasi/ konten tidak update dan followers yang ada di sosmed tersebut adalah followers palsu. Followers palsu adalah followers yang dibeli a.k.a berbayar. Salah satu karakteristiknya adalah kalau kita perhatikan followers nya terdiri dari akun akun tak bertuan. Jadi, kalau mau punya followers yang banyak dalam waktu yang singkat, gampang.. tinggal beli aja di jasa followers. Beli Rp 50.000 bisa dapet ribuan followers. Seru kaan? Tapi, apalah gunanya followers banyak kalau isinya gak organik. Sendu.... That's why, teman-teman yang aktif di sosmed berlomba-lomba untuk memberikan postingan yang bermanfaat. Entah dengan kontennya yang menarik atau dari tone warna yang stabil kalau kita suka upload hasil jepretan foto kita di Instagram.

Facebook beberapa bulan yang lalu mulai tegas dengan adanya akun akun palsu dan akun-akun yang tidak aktif. Jadi, kalau akun gak aktif atau lama gak update atau kontennya gak ada, biasanya facebook secara otomatis akan mem-block akun tersebut. Fenomena ini aku lihat ketika aku pernah menghandle salah satu page sebuah perusahaan, dimana ketika pertama kali aku handle, fanpage ini memiliki likes sejumlah 30 ribu sekian. Logikanya, kalau kita memasukkan konten yang menarik dan menyesuaikan dengan target market perusahaan, harusnya like bertambah dong. Indeed, Alhamdulillah memang likesnya bertambah. Tapi bertambahnya likes ini juga diiringi dengan berkurangnya likes. Nah loh? Sehingga kalau dibuat grafiknya, tidak ada kenaikan.

Yang lebih megejutkannya lagi dalam beberapa hari, dilalah likesnya turun drastis. Padahal konten stabil, aktivasi ada, respon/engagament ada walaupun menurutku tidak sebanding dengan banyaknya jumlah likes. Ternyata, Facebook sedang membersihkan akun-akun tak bertuan yang ada di semua fanpage user. Diusut-usut ternyata si pemegang fanpage petama kali ini membeli likes agar likesnya terlihat banyakkk.. dang! syedih.. Pengalaman tersebut jadi pelajaran banget buat aku bagaimana mendapatkan followers/ likes yang organik. Sedikit gak apa, yang penting kualitasnya... 

Kembali lagi ke followers blogspot.

Google Support


Dari hasil investigasi, tanya ke support nya blogspot dan baca forum google, ternyata pertanyaan ku seputar berkurangnya angka followers disebabkan oleh, Google (dalam hal ini blogspot) menghapus semua non-Google Account Followers. Jadi yang sebelumnya follow blog menggunakan twitter, yahoo, orkut, Open ID dan sebagainya akan terhapus yang mengakibatkan berkurangnya followers di blogspot. 

Mungkin beberapa teman-teman pernah tahu sistem follow menggunakan twitter, yahoo dsb ini. Terutama blogger yang sudah berkecimpung di dunia blog sebelum tahun 2011. Huhu cedih.. seperti kehilangan temen rasanya..

Tapi anyway, di ksempatan ini juga aku mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya untuk teman-teman pembaca yang sudah sudi mampir ke http://www.pupututami.com (sebelumnya pupututami.blogspot.com). Tanpa pembaca, saya mah hapaaa... hanya butiran debu. hiks. Tapiii.. sekali lagi mohon maaf lahir bathin kalau teman-teman ada yang ketemu aku di dunia nyata tapi akunya melengos. Sungguh aku tak tahu kenapa stelan mukaku kayak gitu hahahaha. Even aku ngerasanya udah senyum maksimal, masih aja dikira jutek hehhe. Sampe bos ku bilang "Put, kenapa ya kalo gue liat muka lo takut aja gitu bawaannya -___-" nah nah.. hahah maap, ampun, punten. untung dah ada abang yang bisa liat muka ku dari sisi yang tidak seseram yang dibayankan bos ku #ea hahaha. 

Jadi teman-teman, terima kasih sekali lagi sudah mampir dan bersedia baca Puput Utami's blog. Mampir aja udah seneng, apalagi follow.. huhuu. Bagi teman-tema yang berkenan follow  blog aku, monggo di add button "Join This Site", atau ada yang mau follow via email, monggo.. atau ada yang mau subscribe juga monggo. Hihihihi.

By the way (Sekalian promosi) :p buat yang udah follow, berkesempatan dapet potongan harga Rp 50.000 untuk pembelanjaan di Sociolla dengan minimum pembelian Rp 200.000,- lhoo. Caranya gampang kok.. cuma masukkan kode voucher PUT50 di akhir proses pembelian teman-teman di Sociolla. Eh, tapi yang belom follow juga monggo looh pake kode vouchernya.. lumayan kan dapet potongan 50ribu dari Sociolla. Langsung klik banner yang ada di badge kanan blog ini yaa mantemaaan.

Semoga postingan ini bermanfaat
Semangat ngeblog!

Puput Utami

59 comments :

  1. Saya termasuk yang sering mampir loh mbak, meskipun jarang meninggalkan jejak. hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh haha gapapa, makasih mba Rosalinaaaa udah mampir..

      Delete
  2. waduh syaratnya jadi begitu ya.. tapi untunglah aku aman sebagai followers blognya ka puput, suka sama postsnya juga soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, begitu syaratnya. Makasih yaaa sudah mampir, baca baca dan followwww :*

      Delete
  3. Aku tetap jadi followermu mbak hehehe

    ReplyDelete
  4. Sama, Mbak. Sy juga kaget followers blog sy berkuranng. Followersnya masih puluhan, jadi berkurang satu dua berasa banget. Hehehe...

    ReplyDelete
  5. Aha! Ini dia jawabannya. Saya juga kehilangan follower, Mba Put. TFS, yaaa!

    ReplyDelete
  6. Baru juga saya bincang-bincang sama temen soal ini Mbak eh ternyata ini jawabannya ya. Makasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, semga bermanfaat mba Ikaa ;)

      Delete
  7. Aku juga bukan orang yang pusing banget masalah follower, bagiku kalau kita rajin di sosmed, follower dgn sendirinya bakal banyak xixixi. Btw, nnt kalo ketemu mba puput lagi, aku mau senyumin dan salaman ahh ;) *sok kenal gitu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kita kan pernah ketemu mba suciii

      Delete
  8. Pantes followersku jg bnyak berkrng blm nyari tau udah ada infonya di sini. Thanks mba puput

    ReplyDelete
  9. Hhehe, pantesan followerku berkurang empat. Dulu pas awal-awal memang ada yang follow pake akun Twitter, mungkin mereka itu yang dihapus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi mba Mimi, tetap semangat ngeblog yaa :*

      Delete
  10. Follower saya dikit, jadi kurang berasa. cuman berkurang satu, mbak. Hehe. Makasih infonya yaa.. salam kenal ya. Kunjungan perdana nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi alhamdulillah, salam kenal mbak. Terima kasiiih.. meluncur ke blog mbak delyanet karmoni :D

      Delete
  11. Hmm.. aku baru tau kalo istilah follower yg di dapat dengan sebenarnya itu di sebut cara "organik" hehehe.. noted.. makasih edukasinya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah.. alhamdulillah, sama-sama mba Retno

      Delete
  12. Baru pertama kali mampir nih, salam kenal ya ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga, makasih dah mampir ;)

      Delete
  13. Oh...apa yg diulas ini aku juga alami...dr fans page FB kantor yg hilang likesnya, sampe ilang juga bbrp follower blogku, makasih sharingnya, aku mengerti skrg :))

    ReplyDelete
  14. oh pantesan td diomongin ttg kehilangan followers..

    ReplyDelete
  15. Iya baru tau ternyata alesannya gitu. Tadi udah baper duluan :v

    ReplyDelete
  16. On ini rupanya yang terjadi... aku hilang juga followernya. Gak banyak sih. Cuma 3 ;)

    ReplyDelete
  17. Saya malah ga terlalu mikirin jumlah follower, Mbak.
    Saya mah yg penting update Aja. Kalo Ada yg baca, Alhamdulillah. Kalo ga, yo rapopo. Harapannya Cuma artikel yg saya bikin Bisa bermanfaat, Itu Aja cukup ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi indeed mbak, masing-masing punya preferensi sendiri dalam ngeblog. anyway salam kenaaaal ;)

      Delete
  18. Aku rajin mlipir sini kok puutt. Hihi... ooo... gtu ya penjelasannya. Tfs yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha mbaayu, aku sering mampir juga tapi gak ninggalin jejakk..

      Delete
  19. Akuuu.. akuu.. pengagum rahasiamuuu.. haha.

    ReplyDelete
  20. Sama banget kayak yang kurasakaaan! Awalnya : lha, kok? Makin kurang? perasaan lagi sering update, tapi akhirnya yastralaah..
    hmm jadi ini semacam seleksi alam maya ya, siapa yg beneran follow dan siapa yang 'palsu' :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. indeed ratri, semoga tetep semangat ngeblog yaa :*

      Delete
  21. Habis baca postingan ka Puput langsung cek follower, ternyata berkurang juga hiks :'D

    Nice info kak, thankss :)

    ReplyDelete
  22. Kalau aku baru mampir kali ini lho ya put ... ternyata blognya puput keren habis

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaamfun, disamperin SUHU nya blog. punteeen mba Astri... makasih dah mampir

      Delete
  23. hihihi, jadi inget dulu Instagram juga pernah nyapu2 akun ga bertuan, followers turun drastis bok, bahkan ada temen yang followersnya awalnya 2ribuan lebih skr jadi 500an >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, jadi tau dong alesannya apaa? huehehe

      Delete
  24. waaa aku ngecek followers blogku jg banyak yg menghilang, walopun masih seiprit tapi itu berarti buatku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi jangan patah semangat yaa.. terus update blognya lagii

      Delete
  25. Baca-baca dulu sekalian berkenalan menambah persaudaraan

    ReplyDelete
  26. Followers belum banyak jd belum berasa banget malah aku ga perhatian hehhe... tfs mak and salam.kenal :)

    ReplyDelete
  27. Hii kak. Aku baru pertama mampir tapi langsung aku follow blog ini.. mampir juga ya ke blog aku ( cookycocacola.blogspot.com ) masih pemula sih

    ReplyDelete
  28. Wah, pas tadi iseng buka blog memang sempet nyadar jumlahnya followers turun. terus pas lagi blogwalking ke sini, oo ternyata itu sebabnya. hihihi.

    Hello!
    Titaz
    www.titaztitaz.com

    ReplyDelete
  29. ah iya mba Puput aku juga heran follower blog tiba tiba berkurang juga :D
    plis jangan sering mager ya mba Puput, selalu aku tungguin loh postingan blognya :D

    ReplyDelete
  30. aku follower yang sering mampir loh put, hehehehe ninggalin jejak jarang-jarang. bahkan udah di subscribe..

    ReplyDelete
  31. Ah masa sih Puput tampak jutek? *salah fokus*
    Hoooo nice info tentang perfollower-an.. Pantesan follower eik juga kayaknya berkurang *geer hahahaa

    ReplyDelete
  32. Puut. Di blog gw malah hilang itu aplikasi follow blognya abis di update layoutnyaa, padahal di home bloggernya ada sih tulisan jumlah followersnya. knapa ya itu?

    ReplyDelete
  33. Halo kak Puput, aku pembaca baru (dan pengikut baru) blog kaka niih hehe. Wah sama kemaren juga aku kehilangan beberapa followers cuma beberapa sih ka, tapi tetap aja sedih hihi.


    My Little Cream Button ♥

    ReplyDelete
  34. waaah Puuut aku pun merasakan, kirain aku ajaaa... atau kirain karena pengaruh ngeblog sesuatu yg kurang diminati... lega sih denger berita ini, artinya yaaa bukan karena ada post yang gimana-gimana gitu... eh tapi sedih juga karena klo aku berpengaruh ke IG juga...

    ReplyDelete
  35. Baru tau ini toh penyebabnya. Syemangat ngeblognya Bumil :D

    ReplyDelete
  36. Assalamualaikum, salam kenal mba puput...nice info bgt klo aku berasanya di ig saolnya klo di blog aku gatau, mau nanya jdnya gimana caranya buat bikin blognya jd tau udah brp viewers yg baca dan blognya udh difollow brp gmn caranya yah mbaa..maaf ngerepotin...maaciiy..aku penasaran aja...biasanya cuma bisa diliat pas aku buka manual mau posting baru, baru keliatan deh udh brp x tayang hhe, jzk :)

    ReplyDelete
  37. Oh ya ampun, baru ngeh ternyata ada "pembersihan" juga ya di blog. Pantes followers di blog aku juga berkurang. Kirain ada yang udah lelah follow, dan ngga mau follow lagi Ternyata bukan itu penyebabnya *legaaa x)* Makasi infonya ya sarpuut.

    ReplyDelete

Thank you for your visit and comment!