MENU

April 25, 2015

Light Blue Vintage Dress

Assalammualaikum everyone,

Alhamdulillah minggu lalu, tepatnya tanggal 19 April 2015 salah satu sahabatku, kak Wulan, melangsungkan pernikahan di salah satu gedung di kawasan pusat Jakarta. Beberapa bulan yang lalu ka Wulan memberikan kain untuk seragam.. sebut saja bridesmaid untuk dipakai di acara pernikahannya. Daan, kain seragam yang aku terima adalah kain satin warna light blue dan brokat warna abu-abu. Pesan manis dari ka Wulan saat memberikan kain tersebut adalah "buat bajunya temanya vintage yaaa...!". Dan bagaimana seragam vintage untuk di nikahan ka Wulan ala Puput Utami ini? Let's get closer!

Sebenarnya aku blank banget deh kalau disuruh mikir buat baju yang bertema vintage.. tapi yaudah, mari kita buat vintage ala diri sendiri hahaha.

A photo posted by @pupututami on



Menjawab beberapa komentar di social media dan email yang masuk mengenai bahan dress ini, sekali lagi aku jawab bahwa dress ini terdiri dari dua jenis kain : Satin dan Brokat. Untuk teman-teman yang terjun di dunia perkainan pasti paham jenis satin yang dipakai ini apa, karena jenis kain satin ini buanyaakkk banget; ada satin chanel, satin velvet, satin loubutin, satin italia, satin kelapa et cetera et cetera. Kalau aku deskripsikan, kain satin yang aku pakai ini teksturnya lembut/ jatuh dan agak tebal. Tapi tetap, teman-teman harus pakai kain pelapis kalau mau buat dress dari satin.

Kain satin dan brokat ini aku sulap menjadi dress simple nan elegant (InsyaAllah begitu ya teman-teman :p). Jadi,  kain satinnya aku pakai untuk membuat basic dress nya dengan sedikit motif pleated/ rampel kecil di bagian pinggang depan atas. Sedangkan untuk kain brokat, dibuat untuk menutupi bagian pinggang ke atas sampai lengan dengan model kerah shanghai. 


Nah, biar ga simpel banget, di bagian pinggang (tepatnya di perut) dibuat aksen manis dari sisa brokat berbentuk pita dan diberikan sentuhan payet di sekeliling aksen dan pinggang. Kembali lagi ke dress nya, aku request ke penjahit ku dibuatkan dress dengan pola A line, tujuannya biar terlihat lebih tinggi nan berisi hehe.

Credit photo: Lulu El Hasbu

Untuk yang bertanya jilbab yang aku pakai di foto ini, jilbab yang aku pakai adalah jenis satin juga namun teksturnya lebih kasar dan licin. Resiko juga sih kalau pakai jenis satin tersebut di tempat yang banyak anginnya karena walaupun bagus dipakai tapi jenis satin ini, jenis satin yang terbang dan bandel. Jadi harus disiasati dengan memakai inner berbahan kaus. Styling jilbabnya yang sederhana saja, sesimpel pakai jilbab segitiga - peniti tengah - kemudian ikat belakang, karena vintage ala aku identik dengan sesuatu yang simpel tapi tetap cantik dan elegan.

Nah, terjawab yaa teman-teman yang bertanya seputar dress ini. Semoga bermanfaat yaa..

Salaam,
Puput Utami

21 comments :

  1. Cantik, Mbak Puuut! :D

    Aku ada jugak bikin dress dari semi satin en brokat, tapi jarang dipakek karena ngga tau mau ke kondangan siapa. Sedih deh mau pamer ngga jadi. Bruakakakakkk :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaha...ke kondangan aku aja pakenya beeeeb ;))
      aamiin, makasih bebii

      Delete
  2. Duhh cantiknyaaa ihh :* kakk puput itu apa yang dicrop #kabur hhahahhaha

    ReplyDelete
  3. Kakaknya cantik banget <3 <3
    Aku belum pernah pakai dress dan hijab berbahan satin tapi ngeliat ini rasanya jadi mau coba :')

    Salam kenal, kak :D

    ReplyDelete
  4. Cantik plus elegant kak puput :))) eh anw, itu kain jilbabnya sama kah kayak kain dress nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Noor Isma :) sama-sama satin, tapi jenis satinnya beda

      Delete
  5. Selalu cantik, simple dan elegan :) thanks infonya kak. Jadi pengen bikin yang seperti itu :D

    ReplyDelete
  6. waaa akhirnya bajunya dibahas XD
    so inspiring kak!

    ReplyDelete
  7. Maksir dressnya, inspiring buat ide suatu saat nanti kalau pas perlu bikin yang begitu, simpel tape elegan put :)

    ReplyDelete
  8. warna biru yang cerah, kelihatnanya cantik dan serasi Mba. :D

    ReplyDelete
  9. Cantikk dan dress nya simple tp mewah... birunya keren bgt mba. Ishhh jd pyn ide buat bkn dress resmi tp ttp simple dan cantik :)

    ReplyDelete
  10. Manis!!! warna biru terangnya menghidupkan si brokat abu-abunya :)

    ReplyDelete
  11. Cakeeeeuuuuppppp Puuut!! Baru ngeh itu pitanya dari bahan brokat yang sama ya... bagi bocoran donk jaitnya dimana hihihihihiii *ga punya langganan jahit euy di Jkt

    Kok sebelah poto yang dicrop ga ditunjukin sih? :)))

    ReplyDelete
  12. bagus warna birunya mba. efek bahan satin bikin warnanya lebih indah :)

    ReplyDelete
  13. Mba, jahitnya dmn itu di jakarta. makasih infonya

    ReplyDelete

Thank you for your visit and comment!