MENU

March 3, 2015

Event : Irna La Perle - Andalucia Belleza ( Indonesia Fashion Week 2015)

Bagi teman-teman yang mengikuti dunia fashion hijab, pastinya udah gak asing lagi dengan salah satu designer yang sangat menginspirasi, Irna Mutiara. Pertama kali aku tahu tentang tante Irna Mutiara ini melalui design baju pengantin muslimah di tahun 2010 dimana saat itu fashion hijab belum semeriah saat ini. Kalau flashback sedikit, di tahun 2010 aku pernah jalan-jalan ke blognya Aifasuitcase (sayangnya, blognya teh Aifa sudah tidak aktif lagi) dan terpaku dengan postingannya tentang pernikahan temannya yang menggunakan design dari Irna La Perle (bisa lihat postingannya di sini). Dari situ aku jadi cari tahu banyak tentang tante Irna dan design nya, kemudian jadi ngefans. Dan alhamdulillah, gak lama setelah kekaguman tersebut, di kopdar Hijab Scarf  aku ketemu sama tante Irna dan sempet foto barenggg.




Baiklah, sekarang mari kita fokus. Pertama-pertama saya ucapkan terima kasih ke kak Tia untuk invitationnya sehingga aku bisa nonton pagelaran couture terbaru dari Irna La Perle ini (La perle : Mutiara, dalam bahasa Indonesia. Jadi, Irna La Perle berarti Irna Mutiara, nama sang designer). Sebelumnya aku sempet lihat updetan dari tante Irna di facebooknya seputar photoshot yang dilakukan beberapa waktu yang lalu di Morocco, Spanyol dan gaun-gaunnya cantik-cantik banget, apalagi background nya *yak salah fokus pemirsa*. Jadi pengen nonton fashion shownya deh di Indonesian Fashion Week 2015 dan alhamdulillah gak disangka gak dinyana kesampaian :D. Oiya, koleksi gaun pengantin yang ditampilkan tante Irna di fashion show kemarin berjudul Andalucia Belleza. 




Andalucia Belleza terinspirasi dari peradaban Islam di Eropa dan Andalucia merupakan salah satu peradaban tersebut. Pengaruh kebudayaan Islam tesebut terlihat dari arsitekturnya yang sangat khas dan kental. Nah, kemegahan ini yang diangkat oleh tante Irna Mutiara dalam mendesign pakaian pengantin kali ini. Benar saja, atmosfer eropa nya terasa banget waktu koleksi pertama masuk ke runway. Warna-warna di koleksi kali ini di dominasi warna merah dan biru tua yang couture dan mewah sekali. Menurutku koleksi ini seperti perpaduan antara Eropa berkolaborasi dengan kaidah busana muslim, menghasilkan karya yang cantik nan megah, tapi tetap mencerminkan kesahajaan wanita muslimah. Dan yang paling penting.. design-design ini Irna La Perle banget. Terlihat dari hiasan sulam usus yang sudah menjadi signature nya tante Irna dari jaman dulu...dulu sekali. Sebelum pasar beramai-ramai membuat sulam usus yang serupa tapi tak sama.



Kalau kita perhatikan lagi, design baju pengantin yang diusung oleh tante Irna kali ini lebih ke konsep simple tapi tetap elegan ya, dengan potongan A dan H line namun tetap longgar (tidak menunjukkan lekuk tubuh) jauh dari gaun pengantin pada umumnya yang mengusung tema princess style.

Terakhir, selamat tante Irna untuk show nya. I adore your designs so much. semoga beliau masih inget sama aku! haha aamiin. anyway, which one is your favorite?

Salaam,
Puput Utami

24 comments :

  1. Baguss Puuut ulasannya.. Jadi berasa nonton padahal mah ngga hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jieh ka puput.. kenapa gak nonton kemarin? anyway makasi yaa :*

      Delete
  2. aku suka topinyaa. kayak bukan topi tapi mirip topi. hihi. seneeng banget kalo ngeliat pengantin pake gaun yang simple, nggak too much perintilan.

    ReplyDelete
  3. Wah baru lihat karya Irna La Perle dalam warna bold :D
    Puput reviewnya keren banget, suka cara mengungkapkan dalam tulisannya. :)

    ReplyDelete
  4. Wow super keren design nya, ga sabar lihat wedding dress nya puput deh *wink ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaduh, dikedipnya aku sama mba witha ahaha

      Delete
  5. Beliau ini pemilik brand Up2date, Irna La perlu.. Superb., dan sekarang berhijab syari

    ReplyDelete
  6. Sulam usus udah ciri khas desain Irna La Perle banget yaa kak put...

    Favorit aku yang di foto ke-3 & terakhir, wedding dress-able! *eh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa aku suka juga yang terakhirr hihi

      Delete
  7. wahhh keren nihhh bunda irnaa desainyaa
    Kak puputt seruuu banget bisa dtg di ifw ;D
    moga 2016 aku bisa dateng hihi, Aamiin

    ReplyDelete
  8. waduh di tempat yang sama tapi malah nggak ketemu ya put, selalu seneng baca tulisan puput yang jelas sekali. Red is my color and my fav yg no 7, *semoga kesampaian*

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAllah next time ketemu ya mba :) terima kasih banyak..aamiin

      Delete
  9. Suka bawahannya.. :D

    Apalagi pakek jenis kain yang keliatan kaku atau tegang gitu. Hihihi :P

    ReplyDelete
  10. Ka puputt reviewnyaaa kereen, eh eh kita tidak berfoto yaa kemaren huhuhu :((

    ReplyDelete
  11. Paling suka yang warna merah sama dark blue yang ombre. Cantiiiiiiks banget. Nice review put :)

    ReplyDelete
  12. kak puput, aku pengen nanya, kalau gambar dari getty images harus izin sama fotografernya atau beli atau cukup mencantumkan sumber saja? Terimakasih kak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. gambar getty images ini tersedia dalam bentuk embed yang bisa digunakan dengan cara yg legal. kalau kamu klik foto di atas dia akan langsung mengarah ke kanal getty images. Jadi, gak bisa didownload sembarangan, harus embed :)

      Delete

Thank you for your visit and comment!