MENU

February 23, 2015

Sahl Goods

Apa yang teman-teman pikirkan ketika mendengar kata Bandung dan Kreatifitas?

Buat aku, Bandung adalah nama kota yang identik dengan anak muda yang kreatif, inovatif dan nyeni banget. Ntahlah, walaupun aku belum membuktikan secara langsung dan explore lagi lebih dalam tentang Bandung yang kreatif itu, tapi fakta membuktikan bahwa setiap ada karya kreatif yang muncul pasti kebanyakan datangnya kalau gak dari Bandung ya dari Jogja. Setuju gak? *cmiiw

Beberapa hari yang lalu aku terima email dari salah satu brand lokal yang lagi-lagi berasal dari Bandung, tapi kali ini bukan brand fashion, melainkan datang dari industri kreatif lain yaitu brand ceramic. Nah, iseng bercampur penasaran, aku buka websitenya dan ternyata.... aku suka banget sama konsepnyaa.. kreatif! which is memadukan handicraft ceramic dengan contemporary accomplishment. Huah, seperti apakah itu?

Oke, sebelum lebih lanjut. Kita kenalan dulu sama Sahlgoods.



Sahlgoods.


Adalah ceramic line dari Bandung yang memberikan nuansa baru dalam ranah lifestyle kontemporer dari design dan art. Kalau teman-teman perhatikan lebih jauh di websitenya, konsep ceramic line ini seperti mendefinisikan kembali keramik yang mungkin tadinya hanya dibuat dan dikemas dengan cara yang standar, diperbaharui kembali dengan mempertahankan teknik pembuatan keramik tradisional dengan tetap mengandalkan keterampilan tangan serta memberikan sentuhan seni dalam tiap produk yang dihasilkan.

Produk handcraft yang diproduksi oleh Sahlgoods ini adalah benda-benda yang biasa digunakan di daily routine kita.. coba pikir, siapa yang gak suka (hot/cold) beverages seperti kopi, teh dan minuman-minuman lainnya? pastinya semua suka dong?! Nah, di sini Sahlgoods hadir memberikan warna baru pada daily routine kita lewat keramik handcraft serta dipermanis dengan adanya 'sense of art' dalam . Jadi,  buat kamu yang berasa nyeni banget, hidup kamu akan lebih nyeni kalau minum teh atau kopi pakai gelas seperti ini *tsah hahaha



Kemudian karena (masih) penasaran, akhirnya aku nanya-nanya lagi sama orang di belakang layar Sahlgoods ini mengenai arti dari penamaan Sahlgoods. Jujur, pertama baca namanya aku mikir kenapa namanya unik dan yang pasti pelafalan nya agak ribet. Nah, akhirnya aku surfing ke websitenya dan kemudian menemukan wording "Something Really Good in Here" dan voila! langsunglah aku nebak, Oh.. mungkin SahlGoods diambil dari kependekan dari wording di welcome page websitenya itu.

Untungnya aku nanya tentang SahlGoods ini, kalau enggak... bisa sotoy deh --". Oiya, ternyata nama SahlGoods ini diambil dari salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, yaitu Sahl bin Sa'ad Radhiyallahuanhu yang memiliki arti 'luas' atau 'mudah'. Selain itu, nama ini pun yang disarankan oleh Rasulullah SAW ketika mendengar nama sahabatnya yang kurang baik (sesuai yang tercantum pada banyak hadist shahih). Jadi, SahlGoods ini kurang lebih memiliki artik do'a/ pengharapan agar apa yang dihasilkan diberikan kemudahan dan kelapangan oleh Allah.


Behind The Gun

" Latar belakang mendirikan SahlGoods sendiri adalah pendidikan saya sebagai seorang sarjana seni. Pekerjaan saya adalah pelukis/seniman. Di satu sisi selain menyalurkan ‘urge’ untuk berkarya secara konvensional, saya butuh output lain yang saya rasa tidak bisa semua terakomodir ketika bekerja sebagai seniman. Di samping itu, saya melihat celah besar dalam industri keramik domestik yang belum banyak menyentuh ranah design kontemporer. Dengan dua alasan itulah, saya mencoba merintis line ini, agar bisa bersaing dengan industri-industri kreatif lainnya. " - Tandya
Siapa sangka, adalah anak muda yang memprakarsai berdirinya Sahlgoods. Mereka adalah Muchammad Arie Widiaputra dan Tandya Rachmat. Aku suka takjub sama anak muda yang dari jiwa kreatifnya bisa diimplementasikan menjadi sebuah hasil karya yang bermanfaat untuk orang banyak dan juga secara otomatis memberikan income untuk mereka sendiri. Seru banget yaa!

Workshop Sahlgoods in Bandung.


"Reinventing old methods of earthenware with access of modern design"

Sampai pada akhirnya Sahlgoods dateng ke rumah. Alhamdulillah seneng bangettt rezeki anak sholehah (aamiin) hohoho.. Apalagi kebetulan memang lagi nyari gelas buat di meja kantor karena beberapa minggu terakhir suka kelupaan bawa minum dari rumah. Niat mau beli, tapi setiap pergi ke pusat perbelanjaan suka lupa gitu mau beli apa, ke distract sama yang lain -_-. thanks SahlGoods.


I got 2 SahlGoods! ^^

I really enjoy their creativity, that's why I write this post. Seru banget ternyata anak muda Indonesia kreatif-kreatif dan hasilnya gak kalah keren dari produk luar.
Satu lagi produk kreatif karya anak bangsa, Sahlgoods!

Salaam,
Puput Utami


FACEBOOK | TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+


credit:
Text : pupututami
pict : Sahlgoods and pupututami

8 comments :

  1. bandung mmg tempat anak kreatif ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. waah handmade ya put... jaman sekarang, bisa pegang barang handmade rasanya sesuatu banget yakkk di tengah derasnya produk pabrikan & barang cina :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa kak, kayak yang wahh banget ngeliat handmade gini :'))

      Delete
  3. Ciye ciyeee anak bandung kreatif yaa put? Ehmmm ehmmm..

    Btw gda juga sukaa sahlgoods ini, kreatif dan unik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cieh anak bandung terpanggil hahaha.. iya teeh, teteh pun kreatif banget. Pada umumnya sepertinya begitu teh :p

      Delete
  4. Bandung dan Yogya memang tempatnya gudang ide nan kreatif. Handmade ini beda rasanya dengan yang produksi pabrikan yang massal. Saya suka.
    Salam.
    http://alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete
  5. bagus yaaa gelasnyaa.. jadi pengennnn...

    ReplyDelete

Thank you for your visit and comment!