MENU

September 8, 2014

International Hijab Solidarity Day

Happy international solidarity Hijab Day 2014, sisters! it's been 4 days from sept, 4th 2014. Better late than never isn't it? *hehe* Sebenernya udah nyiapin mau nulis tentang ISHD ini udah dari beberapa hari yang lalu, tapi entahlah mood nulis lagi naik turun.. tapi Alhamdulillah akhirnya bisa dirampungkan.. 

anyway, dikutip dari salah satu caption instagram seorang teman bahwa tanggal 4 September ini adalah hari bersejarah untuk muslimah dunia karena saat itu ada keputusan pemerintah Londong yang melarang mahasiswa untuk memakai simbol-simbol keagamaan, sehingga banyak warga Muslim yang memrotes keputusan ini. Hal tersebut tentu saja menyulitkan muslimah untuk menutup aurat secara sempurna. Karena itu, pada tanggal 4 September 2004 diadakanlah konferensi London yang dihadiri oleh Syeikh Yusuf Al Qardawi, Prof Tariq dan juga 300 delegasi dari 102 organisasi Inggris internasional yang menghasilkan kepurusan:

1. Menetapkan dukungan terhadap penggunaan jilbab
2. Penetapan tanggal 4 September sebagai Hari Solidaritas Jilbab Internasional (IHSD)
3. Rencana Aksi untuk tetap membela hak muslimah untuk mempertahankan busana takwa mereka.

Selain itu IHSD diperingati untuk mengenang Marwa Al-Sharbini, seorang muslimah asal Mesir yang dibunuh oleh seorang pemuda Jerman keturunan Rusia di ruang sidang kota Dresden, Jerman pada Juli 2008. Abeer(Ketua Assembly for the protection of Hijab) mengatakan bahwa Marwa Al-Sharbini adalah seorang martit bagi perjuangan muslimah yang mempertahankan jilbabnya. Ia menjadi korban Islamofobia yang masih dialami banyak muslim di Eropa. Sebenarnya dibalik adanya hari Solidaritas Jilbab Internasional ada beberapa versi cerita yang aku dapetin di google. Nah, selengkapnya bisa baca kamu baca di sini 


Salah satu hal yang sangat aku syukuri adalah lahir sebagai Warga Negara Indonesia yang merupakan Negara yang berasaskan Pancasila. Salah satu butir dalam Pancasila berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" berarti Indonesia adalah sebuah negara yang berdiri berasaskan Ketuhanan. Kemudian Pemerintah menetapkan 5 (lima) agama yang diakui oleh Negara. Salah satunya Islam, penyempurna agama-agama yang terdahulu. Alhamdulillahnya lagi, Indonesia menjadi negara yang penduduknya mayoritas memeluk agama Islam. Walaupun pemakaian jilbab di Indonesia kalau kita lihat sejarah nya bukan hal yang mudah tapi alhamdulillah seiring berjalannya waktu pemakaian jilbab di Indonesia sudah diterima oleh masyarakat. Terlebih setelah sekitar tahun 2009-2010 muncul komunitas berjilbab yang memasyarakatkan jilbab di kalangan muda. Sehingga sekarang sudah banyak muslimah berhijab di Indonesia.

Bagaimanapun kita harus banyak bersyukur tinggal di negara yang dimana penduduknya diberi kebebasan untuk beribadah. Mumpung ada kesempatan emas itu, yuk kita gunakan sebaik-baiknya untuk selalu rindu kepada Yang Maha Kuasa. Saudara-saudara kita yang terkena perang di Gaza saja dengan susah payah tetap menegakkan sholat ditengah gempuran senjata tentara Israel. Sedangkan kita yang hidup di negara yang adem ayem dan diberikan keleluasaan untuk ibadah masa mau nunda-nunda? fabiayyi ala irabbikuma tukazziban.

InsyaAllah dengan berhijab Allah akan menjauhkan kita dari kemudharatan dan mendekatkan kita kepada banyak manfaat yang diberkahi oleh Allah. Jangan menunggu kesiapan hati untuk berhijab dan jangan khawatir akan rezeki. InsyaAllah, Allah telah mempersiapkan hadiah cantik untuk hamba Nya yang taat terhadap perintah Nya. Trust me!

Semoga bermanfaat yaa..
Once more, happy Internations Hijab Solidarity Day everyone :)


Salaam,
Puput Utami



2 comments :

  1. Assalamu'alaikum. Halo Kak Puput.
    Aku Kyrana, komite dari Hijabers Tasikmalaya. Masih ingat? :)
    Makasih informasinya, inspiratif banget. Aku baru tahu ternyata ada international hijab solidarity day.
    Jadi ikut bersyukur aku tinggal di Indonesia =D

    http://lisan-kyrana.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam, Hi..aku ingeet. iya, alhamdulillah tinggal di Indonesia :)

      Delete

Thank you for your visit and comment!