MENU

December 20, 2009

Tugas Akhirku

bonjour mes amis !! udah lama banget ga buka buka blog ini. maklum, kuliah lagi padet-padetnya dan tugas-tugas sama sekali nggak ngasi waktu untuk bernafas. dan hari ini harusnya aku udah bisa loncat-loncat sana-sini, nonton dvd, baca buku-buku yang belum sempet dibaca gara-gara kuliah nya padet dan harusnya sekarang udah bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan. tapi sayang.. dosen aku ngasi tugas akhir semester yang dateline nya hari rabu tanggal 23 desember nanti. jadi dosen aku ngasi tiga soal, tapi kita dibolehin pilih salah satu dari tiga soal itu.. dan dari ketiga soal itu nggak ada yang bener 
:((( huhuhuhuhu.

aku udah browsing browsing sana-sini buat nyari artikel yang berhubungan sama soal-soal itu.. tapi alangkah cantiknya, bahasa Prancis semuaaa !! nggak ada tuh yang berbahasa inggris..(rrrrr) yaa.. walaupun udah dapet beberapa poin dari artikel-artikel yang udah di dapet..tapi kok rasanya masih ada yang kurang ya?! kayaknya aku harus lebih betah di depan laptop, cari bahan-bahan buat nyelesain tugas akhir itu.

dan gara-gara tugas ini, tidur siang aku kemarin nggak enak banget. jadi kemarin, niatnya mau istirahat karena  setelah dari solat subuh, browsing mulu. tapi kalian tau apa yang terjadi ?? aku mimpi nggak enak banget.. aku mimpi ngerjain tugas akhir ini !!! AAARRRRRGGHHH !!! segitunya yaaa..sampe sampe kebawa mimpi gitu..ckck
pas aku ceritain ke temen aku, dia ketawa ngakak banget dan bilang ...
"eh..gilaa lo nyai! berarti lo harus ngerjain dulu sampe selesai baru pergi tidur!hahahahah"

mau tau apa tugas akhirku ?? *haha.nggak ada yang nanya sih, tapi kali aja berguna buat temen-temen yang baca :)

Categorie socioprofessionnelle

yaitu penggolongan masyarakat Prancis dilihat dari profesi serta pernghasilan yang diperoleh dan berpengaruh pada status sosial dalam masyarakat.
ada delapan kategorie dapal penggolongan ini: agriculteurs exploitants, Artisans, commerçants et chefs d'entreprise, Cadres et professions intellectuelles supérieures, Professions Intermédiaires, Employés, Ouvriers, Retraités, Autres personnes sans activité professionnelle..

nah, categorie socioprofessionnelle ini memiliki peranan dalam sistem pendanaan dan sistem tunjangan dalam Sécurité sociale . Sécurité sociale itu kebijakan pemerintah Prancis dalam mensejahterakan rakyatnya, dengan memberikan tunjangan-tunjangan. jadi intinya..pemerintaha Prancis itu bertanggung jawab atas kesejahteraan rakyatnya.. dengan memberikan segala macam tunjangan dan pelaksanaannya juga berjalan dengan baik. contoh tunjangan-tunjangannya itu: asuransi kesehatan, tunjangan keluarga dan dan pensiun.
dan semuaaanya itu berlaku untuk semua masyarakat Prancis.. fyi aja, kalo di Prancis, ibu yang hamil dari usia kehamilan 5 bulan sampai anak nya berusia 3 tahun di beri tunjangan sama pemerintah Prancis, pekerja wanita mendapat tunjangan saat cuti melahirkan (udah ambil cuti, dapet tunjangan pula...ckckck).
selain itu, untuk asuransi kesehatan, selah satu contohnya.. pemerintah memberikan perlindungan / asuransi bagi masyarakat prancis yang mengalami kecelakaan yang terjadi pada saat orang tersebut dalam perjalanan menuju ke tempat kerjanya.

that's why kata orang-orang , Prancis itu adalah surga bagi para pekerja.. semuanya ditanggung booo' !! TAPI ! tetep aja harus ada kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh masyarakt Prancis itu sendiri.. ternyata di Prancis itu pajaknya gede loh.. jadi yaa. intinya, kalo mau mendapat keuntungan harus ada pengorbanan..hehe. untungnya masyarakat Prancis sendiri pada umumnya sangat taat pajak, meskipun masih ada sekelumit rakyatnya yang ogah-ogahan bayar pajak..

naaah!! itu dia sekelumit tentang tugas aku yang harus diketik 500 - 750 kata... semoga aku cepat nyelesain tugas terakhir ini dengan sebaik-baiknya dan mau cepet-cepet dikumpulin aaah.. :'((
au revoir mes amis !!
bon weekend

No comments :

Post a Comment

Thank you for your visit and comment!