MENU

September 17, 2018

Komunikasi Produktif Day #11 : Pakai Sendok


Perlu dicatat dalam blog ini bahwa kemarin, tanggal 16 September 2018, bertepatan dengan 25 bulan usianya, Zayd makan 3 kali sehari dan 3 sesi dia lahap semua tanpa drama. Alhamdulillahirabbilalamiin, Im beyond happy walaupun belum tau kapan hal ini akan terulang  lagi hahah. 

anyway,

September 15, 2018

Komunikasi Produktif Day #10 : 'Obatnya' adalah Kai

👩 : "Hari Sabtu nanti, Zayd vaksin ya nak. jadi anak baik yaa!"
👦 : (nyengir sambil kedipin mata. Ntah artinya apa, tapi Ibu positif thinking aja, mungkin maksudnya "Okay, bu?!")



Hari ini jadwalnya Zayd vaksin di salah satu rumah sakit di Jakarta. Semua berjalan smooth sampai akhirnya kami siap berangkat dan Zayd mau duduk di pangkuan Kai yang sedang nyetir. Gak lama, doi ketiduran karena emang keliatan ngantuk banget, tapi gak tidur-tidur dari jam biasa dia tidur siang. Sampai di rumah sakit, ketika Zayd akan aku ambil dari pangkuan Kai, dia tiba-tiba kaget dan nangis karena maunya nempel sama Kai. Padahal saat itu Kai sudah di panggil ke ruangan dokter dan Zayd sudah diminta untuk timbang BB dan ukur tinggi.

Komunikasi Produktif Day #9 : Stroller

Entah apa penyebabnya, setelah pulang dari Indonesia beberapa bulan yang lalu, Zayd jadi gak mau duduk di atas stroller. Maunya kalau gak digendong, ya jalan kaki sendiri. Sebenarnya gak apa sih, tapi seiring berjalannya waktu Zayd kan tambah besar, tambah berat, kakinya tambah jenjang, tapi Ibu nya  masih segitu-segitu aja. berattt bosss!

Maksud hati ingin kembali mengajarkan Zayd agar mau lagi pakai stroller, namun ternyata masih saja tidak mau. Beragam cara telah dicoba hhh

"Zayd, nanti kita pergi. Nanti Zayd naik stroller ya Nak". Kataku

Kalimat seperti di atas aku ulang-ulang terus, harapannya agar si anak bisa merekam apa yang aku katakan dan mau duduk di atas stroller. Namun, apa daya.. saat kami akan beranjak pergi, Zayd tetap tidak mau duduk di stroller, maunya digendong.

Keesokan harinya saat mau pergi lagi, aku coba tawarkan menggunakan stroller kepada Zayd saat Ia menyusui.

"Sayang suka ya digendong Ibu atau Ayah? Ibu juga suka gendong Zayd. Tapi kayaknya Zayd lebih nyaman deh kalo duduk di stroller..."

(lanjut Ibu)

"Nanti Zayd duduk di stroller, Ayah dan Ibu yang dorong..Zayd pasti happy"

(lanjut Ibu lagi)

"Okay nak ?! Nanti naik stroller aja yah.."

*PLOK*

Iyak, Ibunya digaplok pemirsah... 
Mari kita coba lagi di edisi berikutnya!






#Hari9
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional

September 13, 2018

Komunikasi Produktif Day #8 : Refleksi Pengalaman

Siang ini, Zayd mengajakku ke luar rumah dan memaksa masuk ke dalam mobil. Awalnya aku sempat ogah, tapi setelah dipikir-pikir daripada larinya ke gadget terus, yasudah aku putuskan untuk membuka pintu mobil dan membiarkan Zayd main di dalam mobil tersebut. Pssst, tentu saja Zayd tidak sendiri, butuh pengawasanku.

Lompat sana-sini, eksplor sana-sini, pencet tombol ini itu di kemudi setir, ternyata membuat Zayd happy banget. Llau tiba-tiba, terciumlah aroma wangi "khas" di dalam mobil tersebut. Segera aku periksa dan yaaa.. there you go! Pantesan,  itulah kenapa dia lama banget main di row belakang di dalam mobil.

Gak tahan dengan "aroma" nya dan melihat Zayd sudah risih dengan kondisi tersebut, aku ajak Zayd keluar mobil dan membersihkannya di kamar mandi. Dibujuk-bujuk tapi Zayd tetap masih mau main di dalam mobil.

---

"Zayd, yuk bersihkan dulu yu nak, nanti gatel loh"

Kalimat tersebut aku ulang berkali kali, tapi sepertinya gak berhasil bikin Zayd mau keluar mobil.

Oiya! jadi ingat salah satu poin Komunikasi Produktif untuk anak yang aku pelajari : Gantilah Nasihat sebagai Refleksi Pengalaman. Ya walaupun aku tahu mungkin tidak 100% akan berhasil, apalagi mengingat Zayd masih 2 tahun. Tapi ga ada salahnya untuk dicoba kan?

"Zayd, Ibu tahu Zayd ga nyaman, yuk keluar dulu yu nak!"

Tapi hasilnya Zero 😅 ndak apa, mungkin kita bisa coba lagi dengan kalimat yang lain.

Ibu   : "Zayd! Zayd lagi p**p ya? Ibu tahu rasanya gak enak lama-lama diapersnya penuh. Apalagi ada p**pnya. Rasanya gatal kan, bang?"
Zayd : (tetap sibuk pencect-pencet steering wheel )
Ibu   : "Ayo dibersihkan dulu yuk p**p nya, biar nanti kalau sudah bersih, kalau Zayd mau kita main ke dalam mobil lagi, oke?"
Zayd : (masih sibuk)
Ibu    : " Yuk sayang, gendong Ibu?"

Zayd langsung memelukku dan aku menyambutnya dengan sigap dan semangat. Kami keluar mobil tanpa ada drama tangisan hehehe. Alhamdulillah.. tabarakallah

Jadi, berhasil gak ya kira-kira penerapan poin Komunikasi Produktif kali ini?


#Hari8
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional





September 12, 2018

Komunikasi Produktif Day #7 : Solat Dzuhur

Jadi ceritanya hari ini saat akan menunaikan solat Dzuhur, aku iseng mengajak Zayd solat. Caranya, setelah aku menggelar sajadahku, aku cari sajadah kecil dan menggelarnya di depanku. Lalu aku ajak Zayd untuk solat.

"Ayo solat Dzuhur, bang. Abang di sini ya.. Nanti kan Zayd yang imamin ibu solat kalau udah besar"

Zayd yang saat itu sedang bermain mobil-mobilan, melihat aku takbiratul ihram lalu tiba-tiba Zayd langsung menuju sajadah kecil yang sudah aku gelar. Tiba-tiba tangannya ikutan takbiratul ihram dan meletakkan kedua tangannya di antara perut dan dada. Sungguh bikin gak konsen solat, apalagi Zayd gak menghadap kiblat tapi menghadap ke arahku.

Gongnya, waktu aku ruku', Zayd takbir lagi dan langsung sujud dengan posisi nungging dengan kepala mengarah ke samping. Aduh beneran jadi ga konsen astaghfirulloh.. pengen ketawa tapi ditahan-tahan. Untungnya doi cuma bertahan di rakaat pertama aja, setelah sujud malah jadi keterusan telungkup sambil mainan mobil. MasyaAllah Tabarakallah




Nah, terus jadi ingat bahasan kelas Bunda sayang tentang Komunikasi Produktif dengan anak yaitu kalau mau memuji harus jelas. Siapa tau pujian tersebut terekam oleh Zayd ya kan? jadinya doi termotivasi untuk ikut sholat hehehe ya walaupun gak usah terlalu berharap banyak sama anak 2 tahun. Tapi do the best aja! hihi btw, foto di atas foto seadanya aja, beberapa saat setelah solat hahaha. Duh gemezzz, coba udah tau duluan kalau doi bakal ngikutin gerakan solat, kan kamera video bisa standby baanggg 😂

Setelah aku selesai sholat, langsung lah aku bilang Zayd

"Alhamdulillah, Zayd pinternya bisa solat dzuhur..Ibu seneng deh. nanti lagi ya nak".


#Hari7
#GameLevel1
#Tantangan10Hari
#KomunikasiProduktif
#KuliahBundaSayang
#InstitutIbuProfesional